Sekda Jadi Irup Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-71

dibaca 504 pembaca

Sekda Jadi Irup Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-71

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Ir. Wiriya Alrahman, MM menjadi Inspektur upacara Upacara Peringatan Hari Bela Negara (HBN) ke- 71 Tahun 2019 dan Hari Kesadaran Nasional, Selasa (17/12), di halaman depan kantor wali kota.

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut diikuti para asisten, staf ahli, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan, Camat dan lurah se-Kota Medan dan anggota bela negara Kota Medan yang telah dididik dan dilatih serta dikukuhkan. Upacara diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila dan UUD 1945 dan Ikrar Bela Negara.

Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan Sekda, dikatakan bahwa seluruh komponen masyarakat memiliki fungsi dan peran strategis dalam mendukung dan menjaga keutuhan serta kedaulatan NKRI sebagai sebuah harga mati sekaligus pembuktian kepada dunia bahwa Indonesia akan tetap dan terus eksis untuk selama-lamanya.

Presiden juga menyebutkan, semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang dihadapi bangsa ini, hanya bisa dihadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi.Di sinilah terletak relevansi tekad untuk mewujudkan SDM unggul.

Manusia Indonesia yang unggul, sebut Presiden, adalah prasyaratutama untuk mengisi kemederkaan sebagai modal dasar pembangunan di segala bidang. Disebutkan juga, kemerdekaan ini juga yang menjadi pedoman untuk melaksanakan bela negara.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan