Plt Wali Kota Berharap Satgas Saber Pungli Terus Bergerak Berantas Pungli

dibaca 245 pembaca

Plt Wali Kota Berharap Satgas Saber Pungli Terus Bergerak Berantas Pungli

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M. Si., mengharapkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli ( Saber Pungli) terus bergerak aktif memberantas pungli.

"Pesan dari saya, jangan sampai Satgas Saber Pungli Medan ini malah berakhir menjadi pelaku pungli. Karena jika hal ini terjadi hukumannya sangat berat," ucap Plt Wali Kota saat membuka
Sosialisasi Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dan Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Medan Tahun 2019, Kamis (12/12) di Ball Room Grand Aston Hotel Medan.

Di hadapan 456 peserta sosialisasi yang terdiri dari seluruh perwakilan OPD Medan yang terkait dengan pelayanan masyarakat, camat, dan lurah se-Kota Medan itu, Plt Wali Kota mengemukakan, pemberantasan segala macam bentuk korupsi, kolusi, dan nepotisme merupakan salah satu amanat reformasi yang hingga kini masih terus diupayakan. Salah satu yang hendak diberantas hingga tuntas adalah prilaku pungli yang kerap kali meresahkan masyarakat.

"Pelaku beragam, bisa perseorangan, kelompok, maupun kalangan pemerintahan," lanjut Plt Wali Kota.

Untuk segera menuntaskan masalah ini, tambahnya telah ada Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Sapu Bersih Pungli.

"Perpres ini didukung dengan keluarnya Keputusan Wali Kota Medan No. 710/124/II/2019 tentang Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Tim Sapu Bersih Pungli Kota Medan," ujar Plt Wali Kota dalam perhelatan yang turut dihadiri perwakilan unsur Forkopimda itu.

Dalam acara pembukaan itu, Ketua UPP Medan, AKBP Rudi Rifani menyampaikan piagam penghargaa yang diperoleh UPP Medan yang dinilai terbaik dalam penindakan pungli. Sebelumnya, Ketua UPP Medan melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang pungli kepada aparat Pemko Medan agar dapat mencegah dan memberantas pungli sehingga terciptan pemerintahan yang bersih dan baik.

Kegiatan ini berlangsung mulai siang hingga sore. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini dari Poldasu yang mengetengahkan materi "Sistem Pencegahan dan Pemberantasan Pungli", dari Kejari Medan tentang "Sasaran Saber Pungli dan Penindakannya", serta Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik tentang "Good dan Clean Governance".

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan