Pemko Medan Apresiasi Digelarnya Global Migration Film Festival

dibaca 144 pembaca

Pemko Medan Apresiasi Digelarnya Global Migration Film Festival

Pemko Medan menyambut baik dan mengapresiasi atas diselenggarakanya global migration film festival dalam rangka memperingati hari Migran International. Apresiasi ini disampaikan Sekretaris Dinas Kebudayaan Kota Medan, Parulian Pasaribu,M.Si saat menghadiri acara global migration film festival yang diadakan di RS. Murni Teguh, Rabu (11/12). Dalam festival film migrasi ini ditayangkan sedikitnya tiga film dokumenter yang menceritakan tentang perjalanan migrasi mencari kehidupan baru ke negara lain.

"Melihat tayangan film tersebut tentu kita akan merasa empati karena tidak ada yang menginginkan kondisi seperti ini terjadi."ungkap Parulian Pasaribu. Sementara itu Kepala Kantor International Organization for Migration (IOM) Indonesia, Mariam Khokhar mengatakan migrasi adalah masalah yg masih terjadi sampai saat ini. Hingga saat ini masih ada sekitar 200 juta orang melakukan pengungsian.

”Untuk melakukan perjalanan migrasi butuh keberanian, tidak gampang untuk melakukan ini, dari 200 juta pengungsi sekitar 14 ribu orang ada di Indonesia, mereka terpaksa meninggalkan negara asalnya karena terjadi perang, bencana ataupun kelaparan."jelas Mariam. Oleh karena itulah Mariam mengatakan kisah perjalanan migrasi ini diubah menjadi sebuah film agar dapat menjadi edukasi dan mencari solusi atas permasalahan tersebut.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan