Pemko Medan Sambut Baik dan Dukung Perhelatan LAPOR! Goes to Campus

dibaca 91 pembaca

Pemko Medan Sambut Baik dan Dukung Perhelatan LAPOR! Goes to Campus

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, Zain Noval, S.STP., M. A.P., diwakili Kabid Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika, Saipul Amri, S. Sos, Rabu (11/12) mengikuti rapat finalisasi perhelatan "LAPOR! Goes to Campus" yang akan digelar Kamis (12/12) di Auditorium USU. Dalam rapat finalisasi yang berlangsung di Ruang Majelis Wali Amanat USU itu, Saipul didampingi Kasi Media Komunikasi Publik, Alfred Simarmata menyampaikan sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan yang dihelat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi ini.

"Dinas Kominfo Medan siap mendukung kegiatan ini. Apalagi kegiatan ini dapat mensosialisasikan tentang sistem LAPOR! kepada kaum milineal," ucapnya. Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id, SMS 1708, twitter @lapor1708 dan aplikasi Android. Lembaga pengelola SP4N-LAPOR! adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) sebagai Pembina Pelayanan Publik, Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai Pengawas Program Prioritas Nasional dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai Pengawas Pelayanan Publik. SP4N-LAPOR! telah terhubung dengan 34 Kementerian, 96 Lembaga, dan 493 pemkab/pemko di Indonesia, termasuk Pemko Medan.

Dalam rapat yang juga diikuti perwakilan Kemen PANRB, pihak USU, Inspektorat itu dibahas berbagai hal untuk mendukung kesuksesan perhelatan. Perhelatan LAPOR! Goes to Campus ini diharapkan menjadi sarana untuk menyebarluaskan penggunaan aplikasi LAPOR! kepada masyarakat, terutama generasi muda. Selain itu, pemerintah juga melakukan edukasi kepada masyarakat dan mahasiswa tentang cara menyampaikan aspirasi dan keluhan dengan baik kepada instasi pemerintah. Universitas Sumatera Utara mengadakan kegiatan sosialisasi aplikasi “LAPOR!” yang akan diadakan di Auditorium Universitas Sumatera Utara pada tanggal 12 Desember 2019. Aplikasi “LAPOR!” merupakan sarana pengaduan pelayanan publik secara nasional. Tema kegiatan ini adalah “LAPOR! GOES TO CAMPUS”.

Rangkaian kegiatan yang telah direncanakan adalah
kuliah umum,
seminar “Start Up” yang berjudul Menciptakan Ide Kreatif untuk Mendapatkan Keuntungan Ekonomi yang akan dibawakan oleh Tim Kreatif Grab Indonesia,
Launching IoS dan Dashboard Eksekutif LAPOR!
Pameran “LAPOR!”, Inovasi Daerah, UMKM, dan Start Up.
Selain itu juga akan dimeriahkan berbagai booth dari Universitas, Pemprov, dan Pemkab/Pemkot.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan