Pemko Medan Menggelar Pasar Murah Menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2020

dibaca 403 pembaca

Pemko Medan Menggelar Pasar Murah Menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2020

Pemko Medan kembali menggelar pasar murah dalam rangka menyambut hari natal dan tahun baru 2020 di 53 titik yang tersebar di seluruh kota Medan. Diharapkan dengan adanya pasar murah ini maka akan dapat membantu masyarakat Kota Medan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari khususnya dalam menyambut hari natal dan tahun baru 2020.

 

Pasar murah yang berlangsung dari tanggal 10-20 Desember 2019 ini dibuka langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si di lapangan Segitiga, jalan Kemenyan Raya, Perumnas Simalingkar, Kecamatan Medan Tuntungan, Selasa (10/12).

 

Tentunya kehadiran pasar murah ini sangat disambut antusias dan gembira oleh masyarakat Kota Medan karena menjual berbagai kebutuhan pokok seperti gula pasir, telur, beras, tepung terigu, kacang tanah, blue band, minyak makan, dan juga sirup berbagai merk dengan harga yang lebih murah dari harga pasar.

 

Dalam kesempatan itu Plt Wali Kota Medan mengatakan semua barang yang dijual di pasar murah ini sama kualitasnya seperti yang dijual di pasaran. Pemko Medan telah memberikan subsidi terhadap barang kebutuhan pokok tersebut sehingga harganya menjadi murah.

 

“Meski harganya relative murah, namun dipastikan yang dijual disini sama dengan yang dijual di pasar."kata Plt Wali Kota Medan

 

Disamping itu Plt Wali Kota Medan juga berpesan kepada masyarakat agar jangan berbelanja terlampau banyak melebihi kebutuhan, sebab ketersediaan cadangan pangan utama masih tersedia cukup banyak.

"jadi jangan khawatir kehabisan,  berbelanjalah dengan secukupnya.

Karena apabila kita berbelanja melebihi kebutuhan maka dapat memicu inflasi di Kota Medan."pesan Plt Wali Kota Medan.

 

Diakhir sambutannya Plt Wali Kota Medan mengingatkan jangan ada oknum yang mengambil kesempatan dengan adanya pasar murah, pasar murah ini akan terus dipantau oleh petugas.

 

"Saya ingatkan agar tidak mencoba bermain-main dengan pihak-pihak tertentu demi mendapatkan keuntungan dari pasar murah, saya minta kepada masyarakat segera melaporkan apabila menemukan ada kecurangan."tegasnya.

 

Usai membuka pasar murah ini, Plt Wali Kota Medan kemudian menetapkan harga kebutuhan yang  telah di subsidi Pemko Medan. Adapun harga kebutuhan pokok yang telah disubsidi di pasar murah ini diantaranya :

 

Gula pasir  Rp. 9.750/kg

Telur  Rp. 1.030/ butir

Beras Rp. 8.200/kg

Tepung terigu Rp. 6.900/kg

Kacang tanah kupas Rp. 25.700/kg

Blue Band 200 gr Rp. 6.700

Minyak sania Rp. 10.000/liter

Minyak fortune Rp. 9.800/liter

Minyak madina Rp. 9.998/liter

Minyak palmanco Rp. 9.250/liter

Sirup kurnia Rp. 16.488

Pohon pinang super Rp. 19.300

Pohon pinang fresh juice Rp. 14.800

Pohon pinang sirup melon Rp. 14.800

Pohon pinang sirup lychee Rp. 14.800

Sirup syukur raspberry Rp.14.300

Sarang tawon super quality Rp. 18.550

Sarang tawon marquisa std Rp. 14.300

Sarang tawon platinum Rp. 12.634

Sarang tawon raspberry Rp. 14.800

 

Sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan Kota Medan, H. Dammikrot, S.Sos, M.Si dalam laporannya menjelaskan pasar murah ini digelar dengan tujuan agar masyarakat pra sejahtera yang ada di Kota Medan dapat memenuhi kebutuhannya khususnya dalam menyambut hari natal dan tahun baru 2020 sekaligus juga untuk menekan laju inflasi di Kota Medan karena biasanya pada saat menjelang hari besar keagamaan harga kebutuhan pokok relatif meningkat.

 

"Lokasi pasar murah ini di tempatkan di dekat pemukiman warga pra sejahtera yang mayoritas beragama kristiani dan jauh dari pasar tradisional."jelas Dammikrot.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan