Pemko Medan Gelar Pembinaan dan Pengembangan Minat Baca Siswa-Siswi SMP

dibaca 88 pembaca

Pemko Medan Gelar Pembinaan dan Pengembangan Minat Baca Siswa-Siswi SMP

Sebanyak 315 Siswa-Siswi SMP Se- Kota Medan mengikuti Pembinaan dan Pengembangan Minat Baca. Pembinaan dan pengembangan ini merupakan Program pengembangan budaya baca dan pembinaan Perpustakaan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa guna lebih mencintai buku dan mau memberikan waktu yang lebih banyak untuk mau membaca agar dapat lebih berkreasi dan berinovasi. Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Medan di SMP Negeri 1 Medan, Jalan Asoka, Medan Selayang ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Sosial Drs. Musaddad. Hadir dalam acara tersebut, Kadis Perpustakaan dan Arsip, Maya Fitriani, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Medan, Lisnawati dan pada Narasumber M Arifin dari UMSU, Nur Akmal dari Analisa serta Baringin Lumbang Gaol dari Gatra. Dikatakan Asisten Pemerintahan dan Sosial Drs. Musaddad, kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Minat baca adalah salah satu upaya untuk mengajak siswa siswi agar mau memanfaatkan perpustakaan kota Medan sebagai salah satu sumber informasi bagi kita semua.

"Kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih kepada para siswa sekaligus membina siswa untuk lebih mencintai buku dan mau memberikan waktu lebih banyak untuk mau membaca agar kedepannya dapat mengembangkan potensi diri dengan berkreasi dan berinovasi", kata Asisten Pemerintahan dan Sosial. Menurut Musaddad, secara pribadi dirinya sangat suka membaca, karena dengan membaca pengetahuan dan wawasan berkembang. Artinya ilmu kita bertambah dari tidak tahu menjadi tahu. Banyak hal yang diperoleh dari membaca.

"Membaca merupakan sarana dan wadah kita menjadi pintar karena kita akan mengetahui hal yang tidak kita ketahui dulunya. Untuk itu sebagai generasi muda harus gemar membaca, apalagi perkembangan zaman buang begitu pesat dengan teknologi yang canggih, jika kita tidak membaca maka kita akan ketinggalan ilmu pengetahuan", jelas Musaddad. Selanjutnya Musaddad berharap, siswa- siswi yang menjadi peserta agar bersemangat mengikuti pembinaan dan pengembangan minat baca ini. Artinya melalui kegiatan ini para siswa dapat menggali lebih banyak lagi pengetahuan tentang menulis baik fiksi maupun non fiksi, sehingga dapat membuat dan menciptakan karya-karya tulisan dalam literasi.

"Atas nama Pemko Medan saya berharap kegiatan ini menjadi motivasi untuk menambah informasi tentang pengetahuan dan meningkatkan kemampuan belajar siswa menjadi lebih baik. Selain itu menambah pengetahuan dan dapat berkreasi di usianya sekarang", harap Musaddad. Sebelumnya Kadis Perpustakaan dan Arsip Maya Fitriani dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan satu kegiatan di seksi pengembangan pembudayaan kegemaran membaca. Melalui kegiatan ini Dinas Perpustakaan dan Arsip mengajak seluruh siswa untuk lebih gemar membaca dan mau mengunjungi perpustakaan.

"Pembinaan dan pengembangan ini merupakan Program pengembangan budaya baca dan pembinaan Perpustakaan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa guna lebih mencintai buku dan mau mengunjungi perpustakaan", jelasnya. Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Medan Lisnawati, mengungkapkan pihaknya sangat berterima kasih sekolah SMP Negeri 1 menjadi tempat Pembinaan dan Pengembangan Minat baca siswa - siswi SMP Se-Kota Medan. Tentunya ini sangat baik bagi siswa untuk mengembangkan potensi minat baca dan menambah wawasan dan ilmu pengetahuannya.

"SMP Negeri 1 Medan juga telah memprogramkan Literasi kepada Siswa-siswi. Dengan menggandeng stakeholder kami membuat ruangan atau pojok baca dan perpustakaan yang nyaman. Antusias saat ini siswa untuk membaca sangat baik dan kami juga akan membangun gedung perpustakaan baru yang berada di halaman sekolah, hal ini bertujuan agar siswa semakin gemar membaca", jelasnya.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan