Plt Wali Kota Medan Tinjau Pengerjaan Normalisasi Drainase di Medan Tembung

dibaca 45 pembaca

Plt Wali Kota Medan Tinjau Pengerjaan Normalisasi Drainase di Medan Tembung

Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si meninjau langsung normalisasi drainase di Jalan Letda Sujono, Medan Tembung, tepatnya di batas Kota, Senin  (2/12). Normalisasi drainase ini merupakan komitmen Pemko Medan dalam mengatasi dan menangani permasalahan genangan air yang selama ini terjadi di sejumlah wilayah.

 

Dalam peninjauannya Plt Wali Kota Medan yang didampingi Plt Kadis PU, Zulfansyah, Kabag Humas, Arrahman Pane dan Camat Medan Tembung, Ahmad Barli Mulia, mengintruksikan pekerja PU yang sedang mengorek drainase agar setelah dikorek sendimen langsung diangkut kedalam truk. Artinya jangan sampai lama baru diangkut, selain mempersempit lajur jalan, dikhawatirkan jika hujan turun sendimen tersebut akan masuk kembali kedalam drainase.

 

"Setiap pekerjaan senantiasa diawasi serta dilakukan dengan terukur dan terarah. Artinya saat kita  menormalisasi drainase ini sendimen harus langsung diangkut jangan dibiarkan bahkan sampai berhari-hari, selain membuat jalan sempit, jika hujan turun akan sendimen akan masuk lagi ke dalam parit", kata Plt Wali Kota Medan.

 

Selanjutnya, Plt Wali Kota Medan juga meminta kepada Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan untuk menyediakan tempat sampah di sepanjang jalan atau pemukiman warga. Hal ini untuk mengatasi tumpukan sampah yang dibuang warga di pinggiran jalan agar tidak jatuh ke dalam parit.

 

"Saya minta Camat Lurah dan Kepling untuk menyediakan wadah sampah di sepanjang jalan tepatnya di sisi parit. Hal ini berguna jika warga membuang sampah tidak bertumpuk dan tidak jatuh ke dalam parit. Wadah tersebut dapat dibuat dari keranjang sayur", Jelas Plt Wali Kota Medan.

 

Selanjutnya dijelaskan Plt Wali Kota Medan, normalisasi drainase ini bertujuan untuk memastikan seluruh drainase dalam kondisi baik dan mampu menampung serta mengalirkan debit air terlebih saat hujan turun, sehingga tidak terjadi genangan air. Namun pengerjaan ini tidak dapat berjalan dengan lancar tanpa ada dukungan dari masyarakat.

 

"Saya berharap Masyarakat mendukung program pemerintah Kota Medan dengan berperan aktif minimal mewadahi sampah dan tidak membuang sampah sembarangan. Camat, Lurah dan Kepling harus mampu mengajak, merangkul dan melibatkan masyarakat agar ikut serta aktif dan peduli pada kondisi sekitar termasuk dalam menjaga kebersihan tempat tinggal masing-masing,’’ pesannya.

 

Dalam normalisasi yang melibatkan ratusan Pekerja ini sejumlah Alat berat dan mobil penghisap lumpur diturunkan Dinas PU. Selain itu Pihak Kecamatan Medan Tembung juga menurunkan personil P3SU.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan