Pemko Medan Gencar Sosialisasikan Budaya Bersih Ke Sekolah - Sekolah

dibaca 262 pembaca

Pemko Medan Gencar Sosialisasikan Budaya Bersih Ke Sekolah - Sekolah

Pemko Medan kian gencar menumbuhkembangkan budaya dan karakter bersih di sekolah-sekolah.  Rabu (27/11) bertempat di SMP Negeri 35 Medan, Tim Pembinaan Karakter dan Budaya Bersih kembali melakukan sosialisasi di hadapan para pendidikan.

 

Tim yang dipimpin Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Medan, Drs. Masrul Badri, M.Psi menyampaikan presentasi tentang budaya bersih di hadapan para guru yang bukan hanya berasal dari SMP Negeri 35 Medan, namun juga SMPN Negeri 27, 17, dan 12 serta sekolah - sekolah sub rayonnya.

 

Masrul memaparkan, untuk membentuk budaya bersih di sekolah ada ikatan komitmen seluruh warga sekolah tentang budaya yang akan dibentuk. Yang terpenting seluruh warga ikut mendukung komitmen itu. Dan warga sekolah itu, sebutnya, bukan kepala sekolah, guru, dan siswa, namun juga orang tua, pengawai, petugas kebersihan, penjaga sekolah, dan pemilik kantin.

 

“Salah satu komponen saja tidak mendukung, maka proses pembentukan budaya bersih akan terkendala,” ujarnya.

 

Kepala sekolah maupun guru, lanjutnya harus senantiasa mengingatkan komitmen penerapan budaya bersih ini. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat dan memasang spanduk, poster-poser menarik yang berisikan pesan-pesan tentang penting budaya bersih ini. “Pesan-pesan di poster maupun spanduk itu harus menarik dan mudah dipahami,” ujarnya.

 

Masrul mengatakan, guru mempunyai peranan sangat penting dalam mengembangkan budaya bersih pada diri siswa. Dalam hal ini, lanjutnya, guru haruslah menjadi teladan dalam berprilaku bersih.

 

“Prilaku bersih guru akan mempermudah untuk menanamkan dan menyuburkan budaya bersih pada diri siswa. Ketika siswa sudah berprilaku  bersih, maka  budaya ini akan menyebar ke luar sekolah. Dan memang bersih itu harusnya setiap waktu dan dimana pun,” tegas Masrul.

 

Sosialisasi dan pembinaan karakter dan budaya bersih di sekolah - sekolah ini merupakan salah satu upaya Pemko Medan dalam mengembangkan budaya  bersih masyarakat. Diharapkan sosialisasi di sekolah ini diharapkan anak didik berprilaku bersih sejak dini dan mengajak teman maupun keluarganya untuk hidup bersih.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan