Pemko Medan Siap Dukung LAPOR Goes To Campus

dibaca 186 pembaca

Pemko Medan Siap Dukung LAPOR Goes To Campus

Pemko Medan siap mendukung diluncurkannya sistem LAPOR Goes to Campus di Universitas Sumatera Utara (USU). Dukungan ini disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Zain Noval, S.STP, M.AP saat menghadiri rapat persiapan teknis launching LAPOR Goes to Campus, di ruang IM-GT Biro Rektorat USU, Rabu (27/11).

 

Dalam rapat persiapan tersebut turut hadir Asisten Deputi Bidang Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Muhammad Imanuddin, Dekan Fisip USU, Muriyanto Amin, Kepala Humas USU, Elvi Sumanti, dan perwakilan dari Pemprovsu, Ombudsman, LL Dikti Wilayah I Sumut serta GRAB.

 

Menurut Zain Noval sistem layanan  SP4N LAPOR merupakan layanan yang di butuhkan di era keterbukaan saat ini. Zain Noval meyakini sistem ini dapat membuat USU menjadi lebih baik dan lebih maju.

 

"Dengan adanya sistem ini maka menjamin hak masyarakat agar aspirasi dan pengaduannya dapat disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menangani sehingga pelayanan publik dapat meningkat."kata Zain Noval.

 

Sementara itu Asisten Deputi Bidang Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Muhammad Imanuddin dalam paparannya mengatakan guna meningkatkan pelayanan publik khususnya di lingkungan Universitas, Kementerian PANRB bekerjasama dengan USAID akan menerapkan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional berbasis online (SP4N LAPOR) di Kampus USU. Dengan adanya layanan ini maka akan semakin memudahkan masyarakat khususnya mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi dan pengaduannya secara online.

 

"Kita mewacanakan LAPOR goes to Campus, ini merupakan kewajiban bagi setiap penyelenggara publik untuk menerapkan sistem ini."kata Muhammad Imanuddin.

 

Rencananya sistem SP4N LAPOR ini akan dilaunching langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo di Kampus USU tanggal 12 Desember 2019 mendatang. Dalam launching nantinya akan ada berbagai kegiatan seperti pameran, kuliah umum dari PAN RB, Launching los dan dashboard eksecutive LAPOR dan seminar pelayanan publik.

 

"Kita berharap dengan adanya launching ini masyarakat mengetahui apa itu sistem LAPOR sehingga masyarakat dapat menjadi pendorong dalam meningkatkan pelayanan publik."harapnya.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan