Plt Wali Kota Medan Optimis Kecamatan Medan Kota Raih Gelar Kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumut

dibaca 195 pembaca

Plt Wali Kota Medan Optimis Kecamatan Medan Kota Raih Gelar Kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumut

Tim penilai Kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) kategori Kota melakukan kunjungan ke Kota Medan, Senin (25/11). Kunjungan tersebut merupakan penilaian akhir kepada Kecamatan Medan Kota karena masuk dalam nominasi enam besar Perlombaan Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019. Kehadiran rombongan Tim Penilai Kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) kategori Kota ini disambut langsung Plt Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, MSi di Halaman Kantor Wali Kota Medan. Tim penilai ini dipimpin oleh H. Afifi Lubis, SH didampingi Kepala Biro Otda dan Kerjasama Provsu Basarin Yunus Tanjung.

Dalam kunjungan Tim Penilai ini, Hadir Plt Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Nurul Khairani Akhyar, Ketua Dharmawanita Kota Medan, Dr Ismiralda Siregar, segenap Pimpinan OPD diantaranya Kadis P3APM , Khairunnisa Mosaza, Kadis Kesehatan, dr Edwin, dan Camat Medan Kota, Tengku Chairunniza, S.Sos serta unsur Muspika dan Tokoh Kecamatan Medan Kota.

Dalam sambutannya, Plt Wali Kota Medan mengucapkan selamat datang kepada ketua Tim beserta rombongan penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi. Tentunya kedatangan Tim Penilai diharapkan dapat memberikan masukan untuk menyempurnakan hal-hal yang dibutuhkan sehingga Kecamatan Medan Kota dapat menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019.

Menurut Plt Wali Kota, selain menjadi Kecamatan terbaik tingkat Kota Medan, Kecamatan Medan Kota selama ini merupakan salah satu Kecamatan yang menunjukkan eksistensinya sebagai perpanjangan tangan Pemko Medan untuk memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat di Kecamatan.

"Berdasarkan laporan yang saya terima, bahwa kecamatan Medan Kota memiliki beberapa program unggulan yang penuh dengan inovasi pelayanan dan pembangunan. Tentunya dengan program unggulan tersebut pelayanan semakin baik dan meningkatkan sehingga  kehadiran Pemerintah di tengah masyarakat semakin dirasakan", kata Plt Wali Kota Medan.

Dengan begitu banyaknya program unggulan, Plt Wali Kota Medan menilai Kecamatan Medan Kota layak dan pantas untuk masuk menjadi salah satu yang terbaik pada penilaian Kecamatan terbaik kategori Kota di tingkat provinsi Sumatera Utara tahun 2019. Namun begitu Penilaian dan gelar  juara adalah bonus atas kerja keras yang dilakukan, tetap bekerja dengan baik karena puncak penghargaan tertinggi bagi kota adalah kepuasan serta partisipasi dari  masyarakat atas yang kita laksanakan.

"Saya Optimis Kecamatan Medan Kota dapat meraih gelar juara Kecamatan terbaik kategori Kota di tingkat provinsi Sumatera Utara tahun 2019. Tentunya perlombaan ini menjadi motivasi bagi seluruh Kecamatan di Kota Medan untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat", ungkap Plt Wali Kota Medan.

Sementara itu, Ketua Tim Penilaian Kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara, H. Afifi Lubis SH, mengatakan mereka datang untuk penilaian akhir dan mengevaluasi kinerja Kecamatan dalam pelaksanaan tugas fungsinya yang selama ini telah dilaksanakan. Melihat program unggulan dan kemajuan yang ada dirinya mengaku senang dengan progres yang dihasilkan Kecamatan Medan Kota. Artinya Kita ingin menghadirkan Kecamatan terbaik yang mampu menjadi teladan bagi Kecamatan lainnya di Sumatera Utara.

”Kami bangga dan salut dengan inovasi pelayanan publik di Kecamatan Medan Kota. Tentunya bentuk pelayanan  ini mengedepankan sisi pelayanan prima, tanpa memandang identitas pengunjung. Sepanjang pengamatan kami, semua dilayani dengan baik. Untuk Perlombaan, Kecamatan Medan Kota masuk Nominasi 6 Besar bersaing dengan 5 Kecamatan tingkat Kota lainnya di Provinsi Sumut", jelasnya.

Dijelaskan Ketua Tim, penilaian Kecamatan menggunakan penilaian yang berbeda dari tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya penilaian dilakukan sekaligus pada 34 kabupaten/ kota, tahun ini dilakukan pembedaan, dimana penilaian Kecamatan terbaik pada Kota dipisah dengan Kecamatan terbaik pada Kabupaten.

"Namun Penilaian Kecamatan tetap dengan indikator penilaian yang berkaitan dengan program, pemerintahan, kewilayahan, kemasyarakatan, pendidikan, trantib, pembangunan, pelayanan kesehatan, program KB, kebersihan serta partisipasi dan pembinaan masyarakat kelurahaan", jelasnya.

Sebelumnya, dalam ekspos Camat Medan Kota Tengku Chairunniza S.Sos, MAP menjelaskan keunggulan-keunggulan yang ada di Kecamatan seluas 603 Ha dengan 12 Kelurahan dan jumlah Penduduk 95.924 Jiwa. Dijelaskannya Kecamatan Medan Kota memiliki beberapa program unggulan yang penuh dengan inovasi pelayanan dan pembangunan antara lain Lurah yang berkantor di Poskamling sehari dalam seminggu guna melayani administrasi dan meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

”Di bidang pembangunan, Kecamatan Medan Kota juga menyediakan fasilitas ruang merokok, ruang ibu menyusui dan ruang pelayanan bagi penderita disabilitas di Kantor Kecamatan. Di bidang kemasyarakatan, partisipasi masyarakat dalam mewujudkan lingkungan Selfi melalui lukisan mural serta kearifan lokal yang masih terjaga serta pembuatan tong sampah dari kayu bekas", jelasnya. Usai ekspos Camat, dilanjutkan dengan ekspos Ketua TP PKK Kecamatan Medan Kota untuk menyampaikan keberhasilan 10 program pokok PKK yang telah dilaksanakan pada 4 Pokja yang ada di Kecamatan tersebut, dan ditutup dengan sesi tanya jawab.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan