Plt Wali Kota Medan Resmikan The Gade Clean & Gold Bank Sampah Puspa

dibaca 116 pembaca

Plt Wali Kota Medan Resmikan The Gade Clean & Gold Bank Sampah Puspa

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H.Akhyar Nasution,M.Si meresmikan the gade clean & gold bank sampah puspa yang terletak di jalan Thamrin, komp. Perkuburan, Kec. Medan Kota, Senin (25/11). Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti sekaligus pengguntingan pita Bank Sampah Puspa.

Didampingi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, M.Husni, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Syarif Armansyah Lubis, Plt Wali Kota Medan menyampaikan apresiasi kepada PT . Pegadaian yang telah membangun bank sampah puspa ini. Dengan adanya bank sampah ini tentunya akan menjadi edukasi bagi masyarakat bahwasanya sampah memiliki nilai ekonomi.

”Saya mengucapkan terimakasih kepada PT. Pegadaian yang kembali mendirikan bank sampah di Kota Medan, PT.Pegadaian telah berhasil mengedukasi masyarakat bahwa sampah dapat memiliki nilai ekonomi bila dikelola dengan baik, ini yang harus terus kita kembangkan dan meyakinkan masyarakat bahwa sampah dapat dijadikan penghasilan tambahan seperti uang ataupun emas."kata Plt Wali Kota Medan.

Disamping itu Plt Wali Kota Medan juga menyebutkan selain sampah organik yang dapat di daur ulang kembali, ternyata sampah anorganik juga dapat di olah menjadi bahan bakar seperti briket hal ini sudah dibuktikan oleh seorang warga Kec. Medan Amplas.

"Sampah anorganik ini dapat di olah menjadi briket yang saat ini sangat diperlukan sebagai pengganti batu bara, peminatnya pun sangat tinggi."sebut Plt Wali Kota Medan.

"Artinya sampah organik maupun anorganik bila dikelolah dengan baik dapat dijadikan sumber penghasilan bagi masyarakat."lanjut Plt Wali kota Medan.

Sementara itu Pimpinan PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan Hakim Setiawan menjelaskan pendirian Bank Sampah ini sebagai bentuk kepedulian PT. Pegadaian dalam mendukung Pemerintah mewujudkan kebersihan lingkungan. Untuk di Kota Medan sendiri sudah ada dua bank sampah yang didirikan diantaranya di jalan Bromo dan jalanThamrin.

”Ini bukti bahwa PT. Pegadaian siap membantu program Pemerintah dalam menangani sampah, apalagi jumlah volume sampah di Kec. Medan Kota ini cukup besar sehingga bila sampah ini dapat di tangani dengan baik maka akan memberikan manfaat bagi masyarakat."kata Hakim Setiawan.

Nantinya jelas Hakim Setiawan, masyarakat yang menabungkan sampahnya akan memproleh tabungan emas dari PT. Pegadaian sedangkan hasil sampahnya sendiri akan di daur ulang. Dalam peresmian bank sampah ini juga diserahkan CSR dari PT. Pegadaian untuk Bank Sampah Puspa sebesar Rp.202.737.000, sekaligus launching becak bank sampah puspa.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan