Pemko Medan Apresiasi Kinerja Bawaslu Medan dalam Pengawasan Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019

dibaca 302 pembaca

Pemko Medan Apresiasi Kinerja Bawaslu Medan dalam Pengawasan Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019

Pemerintah Kota Medan mengapresiasi Kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan dalam melakukan pengawasan Pelaksanaan Pemilu serentak 2019,sehingga pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif kemarin di Kota Medan secara keseluruhan berjalan sangat baik, lancar dan efektif.

Demikian hal ini disampaikan Kepala Kesbangpolinmas, Sulaiman Harahap ketika menghadiri Rapat Koordinasi Hasil Pengawasan Bawaslu Kota Medan pada Pemilu serentak tahun 2019 di Hotel Le Polonia, Kamis (21/11). Hadir Ketua KPU Medan Agus Damanik, Kabid Kesbangpolinmas, Lilik, Perwakilan Partai Politik, Perwakilan Unsur Forkompinda Kota Medan.

Dikatakan Kepala Kesbangpolinmas, Pemerintah Kota Medan menilai, suksesnya Pemilu Serentak 2019 merupakan buah dari kerja keras jajaran Bawaslu Medan dalam menjalankan tugas pengawasan. Walaupun terdapat sejumlah permasalahan baik itu laporan dugaan tindak pidana dan temuan pelanggaran serta sengketa, tetapi Bawaslu dapat menyelesaikannya dengan baik.

"Kesuksesan penyelenggaraan Pemilu merupakan hasil dari kegigihan, integritas, dan profesionalitas Bawaslu dan jajarannya sampai tingkat bawah.
Atas dasar itu Pemko Medan mengapresiasi kinerja Bawaslu sehingga pelaksanaan pemilu legislatif dan Pilpres di Kota Medan secara keseluruhan berjalan sangat baik, lancar dan efektif", kata Sulaiman Harahap.

Kemudian Kepala Kesbangpolinmas mengungkapkan suksesnya Bawaslu Medan dalam melakukan pengawasan Pemilu serentak ini diharapkan pada Pilkada di Kota Medan tahun 2020 juga dapat melakukan pengawasan sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar, efektif dan aman.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Medan, Payung Harahap menjelaskan bahwa
perjalanan pengawasan Pemilu serentak 2019 di Kota Medan aman dan lancar, walaupun ada dinamika dalam proses tersebut. Selain itu kerjasama dengan KPU juga berjalan sangat baik, sebagai sesama penyelenggara pemilu.

Dijelaskan Payung, selama pelaksanaan Pemilu Bawaslu, menerima laporan dugaan tindak Pidana Pemilu Pilpres sebanyak satu laporan dan Pileg tujuh laporan serta laporan Pelanggaran administrasi satu laporan. selain itu Untuk temuan dugaan tindak pidana Pemilu Pileg, Bawaslu menemukan satu dugaan tindak pidana dan 4 temuan yang ditemukan Panwaslu Kecamatan.
Sementara untuk temuan pelanggaran administrasi, Bawaslu menemukan satu temuan dan Laporan yang tidak diregistrasi sebanyak 6 laporan

"Total keseluruhan sebanyak 19 temuan dan laporan serta yang tidak dapat di registrasi. Sedangkan untuk permohonan penyelesaian sengketa proses Pemilu, Bawaslu menerima 6 permohonan penyelesaian sengketa proses Pemilu", jelas Ketua Bawaslu Medan.

Selanjutnya, Ketua Bawaslu Medan melalui Rapat Koordinasi ini meminta masukan para pihak terkait atas hasil pengawasan Bawaslu Kota Medan terhadap penyelenggaraan Pemilu serentak 2019.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan