Plt Wali Kota Medan: Kepekaan dan Kepedulian terhadap Kebersihan Lingkungan Harus Selalu Diasah

dibaca 193 pembaca

Plt Wali Kota Medan: Kepekaan dan Kepedulian terhadap Kebersihan Lingkungan Harus Selalu Diasah

Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M. Si mengajak seluruh apatur dan masyarakat untuk senantiasa mengasah kepekaan dan kepedulian terhadap kondisi kebersihan di lingkungan masing-masing.

Hal ini dikatakan Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M. Si., dalam peluncuran Gerakan Aparatur Bersepeda Kecamatan Medan Deli, Kamis (21/11). “Kepekaan dan kepedulian harus senantiasa diasah. Dengan demikian, setiap hal yang dapat mengganggu keberhasilan program pembangunan dapat dicegah dan ditangani dengan baik,” ujar Plt Wali Kota dalam acara yang digelar di halaman depan kantor Camat Medan Deli itu.

Berkaitan dengan itu, Plt Wali Kota juga mengharapkan agar kepala lingkungan (kepling) dapat menjadi teladan dalam mengembangkan kepekaan dan kepedulian tehadap kondisi kebersihan ini. Karena itu, kepling harus senantiasa berada di tengah masyarakat guna memberikan keteladanan yang baik dan menjadi ujung tombak Pemko dalam menyukseskan program-program pembangunan.

“Kepala lingkungan, kepling, berkantor di wilayah masing-masing, bukan di kantor lurah. Tujuannya agar setiap permasalahan di lingkungannya dapat diketahui dan diatasi sesegera mungkin,” sebutnya.

Di hadapan Kabag Tapem Setdako Medan, Rasyid Ridho, Camat Medan Deli, Feri Suheri, lurah, kepala lingkungan, dan petugas petugas Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU) di wilayah Kecamatan itu, Plt Wali Kota juga mendorong percepatan gerakan bersama mewujudkan Medan yang bersih.

Menurut Plt Wali Kota setiap orang ingin bersih. “Pertanyaanya, apakah setiap orang punya kesadaran untuk menjaga kebersihan? Kesadaran bersama inilah yang harus diwujudkan sehingga menjadi sebuah gerakan bersama. Gerakan bersama inilah yang dibutuhkan untuk mewujudkan Medan bersih,” ucap Plt Wali Kota.

Disebutkannya, salah satu bentuk gerakan bersama mewujdukan Medan bersih yang dapat dilakukan masyarakat adalah mengurangi produksi sampah, terutama berbahan plastik dan mewadahi sampah.

“Mewadahi sampah plastik itu akan membuat pekerjaan pengangkutan sampah menjadi efektif dan efisien. Selain itu, wadah itu membuat sampah menjadi tidak berserak, tidak menganggu pemandangan,” ucap Plt Wali Kota seraya mengatakan, hasil pemantauannya beberapa hari terakhir ini memang sudah ada progres peningkatan kebersihan di Medan. “Progres yang baik ini harus ditingkatkan terus,” tandasnya.

Berkaitan dengan Gerakan Aparatur Bersepeda Kecamatan Medan Deli ini, Plt Wali Kota menyampaikan apresiasinya. Menurutnya, gerakan ini memang multi fungsi. Berolah raga sekaligus blusukan. Badan sehat dan fungsi kontroling dapat berjalan dengan baik.

“Bersepeda sambil blusukan bukan mencari-cari kesalahan, tetapi untuk mengetahui apa yang saja bisa dan belum kita lakukan untuk memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat,” sebut Plt Wali Kota.

Ditambahkannya pula, bersepeda sambil blusukan juga menjadi wahana komunikasi dengan warga sehingga menguatkan kebersamaan untuk membuat kota ini menjadi lebih baik lagi. “Dengan demikian, masyarakat merasakan kehadiran pemerintah,” ucapnya.

Peluncuran Gerakan Aparatur Bersepeda ini juga ditandai dengan pembagian keranjang sampah dan botol minuman kepada petugas Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU) Kecamatan Medan Deli.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan