Plt Wali Kota Medan Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Sekaligus Hari Kesehatan Nasional Ke 55

dibaca 118 pembaca

Plt Wali Kota Medan Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Sekaligus Hari Kesehatan Nasional Ke 55

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir.H.Akhyar Nasution,M.Si memimpin upacara peringatan hari pahlawan 10 November sekaligus dirangkaikan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55, di halaman depan Kantor Wali Kota Medan, (10/11). Upacara yang juga di ikuti oleh pimpinan OPD, Camat, Lurah dan seluruh ASN di lingkungan Pemko Medan ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

Dihadapan para peserta upacara, Plt Wali Kota Medan mengatakan setiap hari pahlawan yang jatuh pada setiap 10 November, mengingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November yang terjadi di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebutkan kemerdekaan Indonesia.

”Peristiwa tersebut mengingatkan kita bahwa kermerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri, perjuangan tersebut harus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia."kata Plt Wali Kota Medan.

Lebih lanjut Plt Wali Kota Medan juga menjelaskan bahwa menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia dalam bentuk aksi-aksi nyata dalam memperkuat keutuhan NKRI seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis ataupun yang dapat merugikan orang lain. Selain itu juga, jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harga bahkan nyawa, namun kini menjadi pahwalan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata saja, melainkan juga dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan.

"Karena itu jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri menjadi sia-sia, mari kita isi kemerdekaan ini dengan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini sesuai dengan tema hari pahlawan tahun 2019 "aku pahlawan masa kini". Ajak Plt Wali kota Medan. Disamping itu peringatan hari pahlawan ini dirangkaikan pula dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55, Plt Wali Kota Medan menginginkan agar momentum ini menjadi pengingat bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan.

”Terwujudnya kesehatan kita harus diawali dengan Kesehatan lingkungan kita, artinya setiap kita baik itu ASN ataupun masyarakat harus sama-sama peduli untuk menjaga kebersihan lingkungannya, kita boleh memiliki cita-cita besar, namun kebersihan adalah hal mendasar yang harus kita wujudkan terlebih dahulu, setelah itu baru kita dapat mewujudkan cita-cita besar kota Medan."jelas Plt Wali Kota Medan.

Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ini, Plt Wali Kota Medan juga memberikan apresiasi kepada para petugas P3SU dan Melati Bestari yang selama ini sudah bekerja keras membersihkan Kota Medan.

”Kalian telah berjasa untuk kota Medan, teruskan pekerjaan anda."ujar Plt Wali Kota Medan. Diakhir amanatnya Plt Wali Kota Medan menghimbau kepada seluruh ASN di lingkungan Pemko Medan agar mengurangi penggunaan sampah plastik untuk kemasan sehari-hari dan menggantinya dengan keranjang dan wadah yang dapat dipergunakan berulang kali.

”Penggunaan plastik harus kita kurangi untuk mengurangi sampah plastik di kota Medan, dengan begitu kita akan dapat mewujudkan kota Medan yang bersih."himbau Plt Wali Kota Medan. Dalam kesempatan ini juga Pemko Medan memberikan penghargaan kepada para pihak yang telah berkontribusi dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan