Sambut HKN, Dinkes Medan Gelar Lomba Balita Sehat dan Seminar Penanganan Masalah Mata

dibaca 191 pembaca

Sambut HKN, Dinkes Medan Gelar Lomba Balita Sehat dan Seminar Penanganan Masalah Mata

Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Kesehatan Kota Medan menggelar lomba Balita Sehat di Rumah Sakit Ibu dan Anak Stella Maris, Rabu (06/11). Lomba yang diikuti 21 Kecamatan Se-Kota Medan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55.

Lomba Balita Sehat ini dibuka oleh Kadis Kesehatan Kota Medan, Dr. Edwin. Didampingi orang tua tampak para balita begitu antusias mengikuti lomba balita sehat ini yang meliputi Pemeriksaan kesehatan balita dalam lomba ini mencakup pemeriksaan gizi, kesehatan gigi dan tumbuh kembang balita.

Dikatakan Kadis Kesehatan Kota Medan, Selain dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional, lomba Balita Sehat ini juga bertujuan untuk menjadikan Balita sehat sebagai motivasi bagi keluarga agar bisa melakukan perawatan dan pemeriksaan pada balita guna mengenali atau mendeteksi dini gangguan kesehatan. Sebab Balita ini merupakan dasar pertumbuhan, sehingga harus kita jaga dengan baik.

"Lomba Balita Sehat ini juga untuk mengantisipasi penanggulangan stunting, oleh sebab itu para orang tua harus merawat balita dengan baik terutama asupan nutrisinya, selain itu rutin periksa kesehatan Balita, Sehingga orang tua nantinya dapat melihat perkembangan dan pertumbuhan balita yang akan berdampak di masa depannya sesuai tema HKN Generasi Sehat Indonesia Unggul", kata Kadis Kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Rumah Sakit Stella Maris, Dr. Iskandar Candra, mengungkapkan Pihaknya sangat menyambut baik Lomba Balita Sehat ini digelar di rumah sakit. Tentunya ini berdampak positif bagi pertumbuhan Balita.

"Lomba Balita Sehat ini dapat menjadi wadah bagi para ibu yang memiliki Balita untuk dapat memperhatikan tumbuh kembangnya Balita, baik dari asupan gizi maupun nutrisi yang dapat mempengaruhi perkembangan Balita.

Selanjutnya usai membuka lomba Balita Sehat, Kadis Kesehatan Kota Medan membuka Seminar Penanganan Masalah Mata Pada Pelayanan Primer di rumah Sakit Smec khusus Mata di jalan Iskandar Muda. Seminar yang digelar Dinas Kesehatan Kota Medan ini juga merupakan rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional. Seminar ini diikuti oleh Seluruh Dokter dan perawat Puskesmas Se-Kota Medan.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan