Upt. Puskemas Helvetia Gelar Lomba Balita Sehat

dibaca 357 pembaca

Upt. Puskemas Helvetia Gelar Lomba Balita Sehat

Sebanyak 105 balita mengikuti lomba balita sehat tingkat Kecamatan Medan Helvetia yang diselenggarakan Dinas Kesehatan kota Medan melalui Upt. Puskesmas Helvetia bekerjasama dengan RSU. Hermina, di RSU. Hermina, Jumat (1/11).

Lomba balita sehat yang digelar dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 ini dibuka langsung oleh Camat Medan Helvetia, Andy Mario Siregar, AP.S.Sos. Dalam sambutannya Andy mengatakan lomba ini merupakan rangkaian dari hari kesehatan nasional ke 55, karena itulah Andy mengaku sangat mengapresiasi dengan adanya lomba balita sehat ini.

"Semoga balita sehat dari Kecamatan Medan Helvetia dapat menjadi duta balita sehat Kota Medan."harap Andy Mario Siregar.

Selain itu, Andy Mario Siregar juga mengingatkan kepada orang tua para peserta lomba balita sehat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungannya, sebab sampah juga mempengaruhi masalah kesehatan terutama terhadap bayi.

"karena itu saya menghimbau kepada para orang tua agar rutin menjaga kebersihan lingkungannya minimal dengan mewadahi sampahnya masing-masing."himbau Andy.

Apresiasi serupa juga disampaikan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Medan, dr. Mardohar T,M.Kes yang mengaku sangat mengapresiasi dengan digelarnya lomba balita sehat ini sebagai rangkaian dari peringatan hari kesehatan nasional ke 55.

Mardohar berpesan lomba ini harus dimanfaatkan oleh para orang tua untuk memeriksakan kesehatan balitanya.

"Manfaatkan lomba ini untuk memeriksakan kesehatan balita kita, sehingga balita kita dapat tumbuh dan berkembang dengan baik." Pesan Mardohar.

Sebelumnya Kepala UPT Puskesmas Helvetia, dr. Zulheri dalam laporannya menjelaskan lomba balita ini diadakan guna memilih balita sehat di tiap-tiap kelurahan se-Kecamatan Medan Helvetia. Lomba balita sehat ini sendiri dibagi menjadi beberapa kategori umur diantaranya usia 0-11 bulan, 12-23 bulan, 24-35 bulan dan 36-30 bulan.

"Nantinya balita sehat yang terpilih dari masing-masing kategori akan diperlombakan untuk tingkat Kota Medan."jelas Zulheri.

Pemeriksaan kesehatan balita dalam lomba ini mencakup pemeriksaan gizi, kesehatan gigi dan tumbuh kembang balita.

Lomba balita sehat ini turut pula disaksikan oleh Direktur RSU Hermina, dr. Hari Yusmanadi beserta jajarannya.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan