Kecamatan Medan Johor Masuk Tiga Besar Lomba IVA Test Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019

dibaca 290 pembaca

Kecamatan Medan Johor Masuk Tiga Besar Lomba IVA Test Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019

Kecamatan Medan Johor masuk tiga besar lomba IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) Test tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2019. Hal ini diketahui ketika tim evaluasi dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara mengunjungi lokasi lomba yang ditempatkan di gedung Pertanian Provinsi Sumatera Utara, Senin (28/10).

Kehadiran tim evaluasi yang di pimpin oleh Arjuna disambut oleh Plt. Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si diwakili Kabid KB Dinas PP&KB, Dr. Iman Surya,M.Kes, dan Camat Medan Johor, Zulfakhri Ahmadi,S.Sos didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Medan Johor, Erina Maylani Zulfakhri.

Plt Wali Kota Medan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kabid KB Dinas PP&KB,Dr. Iman Surya,MKes, mengatakan salah satu dari sekian banyak program PKK yang bersentuhan langsung dengan masyarakat adalah pelaksanaan IVA Test. Pelaksanaan IVA Test ini erat kaitanya dengan penyakit yang sangat mematikan yang kerap menyerang kaum wanita yaitu kanker serviks.

"Program IVA Test ini dirasa cukup bernilai positif di tengah-tengah masyarakat terutama untuk mencegah kaum wanita terkena penyakit serviks."kata Iman Surya.

Karena itulah Plt Wali Kota Medan meminta kepada seluruh pengurus TP PKK Kecamatan Medan Johor yang berhasil masuk dalam nominasi agar lebih berkonsentrasi terhadap pelaksanaan program dengan terus melakukan monitoring secara mandiri sehingga program ini dapat terukur dengan baik.

"Saya berharap nominasi terbaik pada evaluasi ini nantinya dapat memberikan hasil yang terbaik, untuk itu tunjukkan yang terbaik sehingga kita dapat mengharumkan nama kota Medan."harapnya.

Sementara itu Camat Medan Johor, Zulfakhri Ahmadi,S.Sos menjelaskan keberhasilan Kecamatan Medan Johor masuk tiga besar dalam lomba IVA Test tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2019 ini tidak terlepas dari seluruh kerjasama Kecamatan dan Kelurahan, karena itulah apa yang telah dilakukan selama ini harus terus dijaga dan di tingkatkan

"Ini merupakan hasil kerja bersama, mari terus kita jaga apa yang telah kita lakukan, ini bukan semata mencari menang ataupun kalah namun bagaimana kesadaran masyarakat untuk memeriksakan dirinya dengan melakukan pemeriksaan IVA Test dapat terus meningkat sehingga dapat terhindar dari kanker serviks."ujar Zulfakhri Ahmadi.

Ketua Tim Evaluasi, Arjuna dalam sambutanya mengucapkan selamat kepada Kecamatan Medan Johor yang telah berhasil masuk ke tahap evaluasi lomba IVA Test. Dirinya menyebutkan adapun yang berhasil masuk ke tahap evaluasi ada sebanyak delapan daerah Kab/kota, tiga diantaranya merupakan Kota.

"Jadi Kota Medan itu masuk nominasi di tiga besar tingkat provinsi sumatera utara."kata Arjuna.

Karena itu dirinya menghimbau kepada seluruh kader yang sudah berhasil masuk ke tahap evaluasi agar dapat mempertahankan apa yang telah dilaksanakan dan terus meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari yang telah dilakukan sehingga dapat mencapai keberhasilan.

"Saya berharap apa yang sudah dilakukan selama ini dapat dipertahankan dan di tingkatkan lagi sehingga mampu mengukir prestasi hingga sampai ke tingkat nasional."harapnya.

Dalam kesempatan ini juga Ketua TP PKK Kecamatan Medan Johor, Erina Maylani Zulfakhri juga menyampaikan ekspose terkait IVA Test yang telah dilakukan oleh TP PKK Kecamatan Medan Johor. Ekspose tersebut diawali dengan menyampaikan profil tentang Kecamatan Medan Johor baik itu luas wilayah maupun jumlah penduduknya.

Selain itu, Erina Maylani Zulfakhri juga menyampaikan kegiatan yang telah dilakukan TP PKK Kecamatan Medan Johor terkait dengan IVA Test yang telah dilakukan diantaranya melakukan sosialisasi IVA Test yang diadakan di Kecamatan dan Kelurahan termasuk juga di kelompok masyarakat seperti kelompok perwiritan.

"Tidak hanya itu saja kami dari Kecamatan Medan Johor juga membentuk Satgas penanggulangan IVA Test di masing-masing Kelurahan, membentuk gerakan suami sadar IVA Test, menyediakan rumah IVA "Melati", melakukan penempelan stiker IVA Test bagi yang telah melakukan IVA Test, membentuk lingkungan sadar IVA, membuat brosur dan leaflet tentang IVA Test yang bekerjasama dengan Puskesmas, mengangkat duta IVA dan duta Sadanis, mengangkat duta IVA remaja dan duta Sadanis remaja, dan melakukan pemetaan penderita kanker yang sudah terdeteksi di lingkungan."jelas Erina Maylani Zulfakhri.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan