Tingkatkan Kompetensi, Pemko Medan Gelar Pelatihan Dan Penguatan Kepala Sekolah

dibaca 235 pembaca

Tingkatkan Kompetensi, Pemko Medan Gelar Pelatihan Dan Penguatan Kepala Sekolah

Guna meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Pemerintah Kota Medan melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) menggelar Pelatihan dan Penguatan Kepala Sekolah. Pelatihan dan Penguatan ini diikuti 120 Kepala Sekolah tingkat SD dan SMP Se- Kota Medan.

Plt Wali Kota Medan Ir.H Akhyar Nasution,MSi, diwakili Asisten Umum Renward Parapat yang membuka Pelatihan dan Penguatan Kepala Sekolah di Hotel Grand Kanaya, Jalan Darussalam, Senin (28/10) ini berharap selain meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah juga dapat meningkatkan mutu dan kualitas Pendidikan di Kota Medan.

Dihadapan yang Hadir, Kepala BKDPSDM Muslim Harahap, Narasumber Sukarni dan Kabid SDM BKDPSDM Adrian Soleh, Asisten Umum mengatakan menajemen adalah salah satu bagian penting dari penyelenggaraan Pendidikan. Artinya sebagai pimpinan manajerial, Kepala Sekolah memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat menentukan dalam keberlangsungan dan kualitas penyelenggaraan pendidikan itu sendiri.

"Saya berharap setelah mengikuti pelatihan ini, para Kepala Sekolah dapat memahami dan menerapkan semua materi yang diberikan. Jadikan pelatihan Penguatan ini untuk meningkatkan kompetensi diri dan untuk tingkatkan Kualitas mutu pendidikan di Kota Medan", kata Asisten Umum.


Dijelaskan Renward, Pemerintah Kota Medan berkomitmen untuk memajukan pendidikan. Artinya diluar fana bantuan Operasional Sekolah, Pemko Medan telah menganggarkan lebih dari 20 persen APBD Kota Medan untuk Penyelenggaraan Pendidikan. Oleh sebab itu Manfaatkan anggaran dan koordinasi dengan dinas Pendidikan untuk pemenuhan kebutuhan penyelenggaraan pendidikan di Sekolah.

"Mari kita bersama-sama membenahi diri dan saling berkoordinasi serta saling terintegrasi dalam membangun pendidikan. Bahkan hanya antara Kepala Sekolah dengan Dinas Pendidikan tetapi juga dengan OPD terkait guna kemajuan anak - anak yang merupakan generasi muda yang berilmu dan beriman serta berakhlak mulia", jelas Renward.

Sebelumnya Kabid SDM BKDPSDM Adrian Soleh dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya Pelatihan ini adalah untuk memperkuat kompetensi Kepala Sekolah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Dalam pelatihan yang diikuti 120 Kepala Sekolah yang dibagi empat kelas ini akan diberikan materi oleh fasilitator dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Sumatera Utara dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sergei.

"Materi yang diberikan pada pelatihan ini diantaranya adalah orientasi program, Kebijakan Daerah, Literasi Digital, Teknis Analisis Manajemen, Pengembangan RKS (Rencana Kerja Sekolah) dan Pelaporan, Pengelolaan Keuangan, Kurikulum dan Pengembangan Sekolah Berdasarkan Delapan Standar Nasional Pendidikan", jelas Kabid BKDPSDM.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan