Pemko Medan Apresiasi Peringatan Hari Batik Nasional diisi Edukasi Membatik

dibaca 247 pembaca

Pemko Medan Apresiasi Peringatan Hari Batik Nasional diisi Edukasi Membatik

Dalam rangka Peringatan Hari Batik Nasional 2019, Sejumlah komunitas menggelar kegiatan edukasi membatik. Kegiatan dengan tema Membatik Asa Untuk Indonesia ini mendapat Apresiasi dan dukungan Pemerintah Kota Medan sebagai wujud kepedulian terhadap warisan budaya asli Indonesia.

Kegiatan yang digagas Komunitas Pojok Baca Medan, Kenduri Kopi dan Medan Heritage ini digelar Museum Perkebunan, Jalan Brigjen Katamso, Minggu (27/10) ini dihadiri Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Maya Fitriani, Ketua Komunitas Pojok Baca, Sindy Oktavia, Perwakilan Pusat Penelitian Kelapa Sawit, dan Perwakilan dari Universitas Sumatera Utara.

"Pemko Medan sangat mengapresiasi peringatan Hari Batik Nasional yang digelar beberapa Komunitas ini diisi dengan Edukasi Membatik. Tentunya, selain wujuh kepedulian terhadap warisan budaya, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat khususnya generasi muda terhadap kebudayaan leluhurnya", kata Kadis Perpustakaan dan Arsip Kota Medan.

Menurut Maya, kegiatan ini juga menjadi pesan bagi para generasi muda bahwa membatik adalah suatu kegiatan yang mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Walaupun tren berpakaian silih berganti dari zaman ke zaman, batik masih menjadi primadona yang menggambarkan keragaman khas Indonesia. Apalagi dalam kegiatan ini juga digelar Literasi Batik. Artinya budaya membaca dapat terus dilakukan oleh generasi muda

"Saya berharap kegiatan ini akan terus digelar setiap tahunnya untuk mewadahi para generasi muda akan kecintaan pada batik. Mari kita lestarikan warisan budaya asli Indonesia ini yang telah dikukuhkan UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi", ungkap Maya Fitriani.

Sebelumnya Ketua Panitia, Sindy Oktavia, dalam laporannya mengungkapkan bahwa Peringatan Hari Batik Nasional yang bertemakan Membatik Asa Untuk Indonesia ini diisi kegiatan edukasi mengenai batik diantaranya aksi demo batik, mencating batik, lapak kreatif anak, dan literasi batik dan musikalisasi puisi serta hiburan lainnya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan karya inovatif dalam membatik kepada generasi muda dan meningkatkan kepedulian masyarakat khususnya generasi muda terhadap warisan budaya asli Indonesia ditengah perkembangan zaman sekarang ini", jelasnya.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan