Plt Wali Kota Medan Bersama Jajaran Kecamatan Medan Petisah Gotong Royong Bersama

dibaca 149 pembaca

Plt Wali Kota Medan Bersama Jajaran Kecamatan Medan Petisah Gotong Royong Bersama

Guna meningkatkan kebersihan di wilayah Kota Medan Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si bersama dengan jajaran Kecamatan Medan Petisah dan P3SU menggelar gotong royong bersama di seputaran jalan piring, jumat (25/10). Gotong royong bersama ini diawali dengan apel yang dipimpin langsung oleh Plt Wali Kota Medan. Dalam gotong royong bersama ini juga turut hadir Asisten Administrasi Umum, Renward Parapat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Armansyah Lubis, Kabag Tapem, Rasyid Ridho Nasution, dan Camat Medan Petisah, M. Agha Novrian. Meskipun sempat diguyur hujan, namun semangat para petugas untuk bergotong royong tidak surut. Dengan menggunakan peralatan seadanya seperti cangkul, para petugas mulai membersihkan rumput-rumput dan lalang yang tumbuh di bantaran sungai sei putih dan jalan piring. Sementara itu dalam arahannya Plt Wali Kota Medan mengatakan agar gotong royong ini harus dikerjakan dengan penuh keikhlasan tanpa adanya keterpaksaan.

"Gotong royong ini harus kita kerjakan dengan penuh keikhlasan bukan keterpaksaan, sebab ini juga merupakan bentuk tanggung jawab kita sebagai aparatur pemerintah, kalau kita kerja dengan ikhlas maka akan jadi pahala bagi kita."kata Plt Wali Kota Medan. Disamping itu juga Plt Wali Kota Medan mengatakan bahwa Kota Kota Medan tidak bisa dibangun dengan sendirian, tetapi harus dibangun dengan cara gotong royong bersama-sama. Artinya aparatur pemerintahan juga harus mampu mengajak masyarakat untuk bergotong royong bersama dan menjaga kebersihan kota Medan.

"Tugas pemerintah mengayomi masyarakat, tetapi masyarakat juga mempunyai kewajiban yaitu bersama-sama dengan pemerintah menjaga kebersihan kota, keamanan dan ketertiban, karena sehebat apapun kita bekerja kalau tanpa dukungan masyarakat maka hasilnya pun tidak akan maksimal."ujar Plt Wali Kota Medan. Selain itu Plt Wali Kota Medan juga mengingatkan kepada seluruh jajaran Kecamatan Medan Petisah agar mengurangi penggunaan kemasan makanan dan minuman yang sekali pakai seperti botol plastik dan styrofoam. Hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dari penggunaan botol plastik dan styrofoam tersebut. Karena itulah Plt Wali Kota Medan menghimbau kepada seluruh jajaran Kecamatan Medan Petisah agar mulai mewadahi makanan dan minumannya dengan wadah yang dapat digunakan berulang kali seperti tumbler.

"Mari sama-sama kita kurangi penggunaan botol plastik ataupun styrefoam untuk mengurangi jumlah sampah di Kota Medan, Kampanye ini harus dimulai dari diri kita sendiri setelah itu barulah kita mengajak masyarakat."ajak Plt Wali Kota Medan. Sebagai bentuk komitmen nyata tersebut, Plt. Wali Kota Medan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Armansyah Lubis kemudian menyerahkan tumbler kepada seluruh petugas yang ikut bergotong royong. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Armansyah Lubis mengatakan pihaknya telah membagikan tumbler kejajaran Pemerintah, swasta dan juga sekolah-sekolah. Armansyah berharap dengan dibagikan tumbler ini maka memberikan kesadaran bagi masyarakat kota Medan untuk mengurangi penggunaan botol plastik dan styrofoam yang dapat menambah sampah.

"Kita harapkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, apalagi sampah seperti plastik dan styrofoam ini sangat sulit terurai butuh waktu lebih dari 100 tahun."jelas Armansyah. Sementara itu Camat Medan Petisah, M. Agha Novrian menjelaskan puluhan petugas yang ikut dalam gotong royong ini berasal dari Kecamatan, Kelurahan, Kepala Lingkungan dan petugas P3SU. Seluruh petugas kemudian disebar ke seluruh kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Medan Petisah.

"Jadi mereka bertanggung jawab membersihkan kelurahan dan lingkunganya masing-masing."kata Agha.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan