Pemko Medan Siap Bantu Percepatan Pembangunan KSN Mebidangro

dibaca 281 pembaca

Pemko Medan Siap Bantu Percepatan Pembangunan KSN Mebidangro

Wali Kota Medan Drs. H. T Dzulmi Eldin S, M.Si., M.H diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kota Medan Khairul Syahnan didampingi Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kawasan Strategis Nasional (KSN) Medan, Binjai, Deli Serdang dan Karo (Mebidangro) di Aula Raja Inal Kantor Gubsu, Selasa (15/10).

 

Rapat yang dipimpin Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, Kawasan Strategis Nasional (KSN) merupakan wilayah yang penataan ruangnya diprioritaskan karena mempunyai pengaruh sangat penting secara nasional terhadap kedaulatan negara, pertahanan dan keamanan negara, ekonomi, sosial, budaya, dan atau lingkungan, termasuk wilayah yang telah ditetapkan sebagai warisan dunia serta pendayagunaan sumberdaya alam dan/atau teknologi tinggi.

 

"Kita telah memiliki dasar hukum yakni Peraturan Presiden (Perpres) No 62 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo (Mebidangro). Sehingga kita tidak perlu takut dalam menata kawasan kabupaten dan kota tersebut karena kita telah memiliki dasar hukum yang menjadi pedoman kita dalam memajukan Mebidangro," jelasnya.

 

Maka dari itu, Gubsu meminta agar semua pihak ikut serta berperan dalam mempercepat pembangunan Mebidangro ini. Setelah rapat ini diadakan, Gubsu juga meminta untuk segera dibentuk tim dan diberikan job describtionnya. Ini merupakan tugas Bupati/Walikota dalam mengejar pembangunan KSN. Mari kita bersama-sama membangun Sumut, kita bekerja sama melakukan ini semua. Setelah dibentuknya tim, saya ingin Bupati dan Walikota serta Sekda hadir langsung karena ini melibatkan biaya dari Kabupaten/Kota itu sendiri. Usai menghadiri Rapat tersebut Asisten Ekbang mengatakan Pemko Medan siap membantu serta mendukung percepatan pembangunan kawasan strategis nasional Mebisangro yang dilakukan dalam memajukan Sumatera Utara yang dicintai.

 

"Pemko Medan siap membantu serta mendukung apa saja yang dibutuhkan dalam percepatan membangun kawasan strategis Mebidangro khususnya Kota Medan karena hal ini untuk kepentingan masyarakat Kota Medan, sehingga dengan begitu pemerintah dapat mensejahterakan masyarakatnya," tutur Syahnan.

 

Rakor ini juga diisi dengan pemaparan mengenai membangun Mebidangro untuk Sumut bermartabat yang disampaikan sejumlah narasumber yakni Dr. Ir Budi D Sinulingga, M.Si dari Ikatan Cendikiawan Karo serta Parlindungan Purba, S.H., M.M dari Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sumut 2004-2019. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

 

 

 

Sumber : Humas Pemko Medan