Wali Kota Medan Harapkan Unit Pengumpul Zakat Dapat Optimalkan Pengelolaan ZIS

dibaca 238 pembaca

Wali Kota Medan Harapkan Unit Pengumpul Zakat Dapat Optimalkan Pengelolaan ZIS

Pemerintah Kota Medan mengapresiasi digelarnya Sosialisasi Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Medan kepada para Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Tentunya melalui sosialisasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan ZIS yang diterima dari umat.

 

Demikian hal ini disampaikan Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S,M.Si.,M.H diwakili Kabag Agama, Adlan S.pd ketika membuka sosialisasi ZIS dan Sistem Pelaporan Keuangan Bagi Ketua UPZ Kota Medan di Hotel LJ jalan Perintis kemerdekaan, Selasa (15/10). Dalam sosialisasi yang diikuti UPZ Se- Kota Medan ini hadir, Ketua BAZNAS Sumut, Amansyah Nasution, Wakil Ketua BAZNAS Kota Medan, Palit Muda Harahap, dan Para Narasumber, Kakankemenag Kota Medan, Impun Siregar, dan Syahrul Jalal dari Komisioner BAZNAS Sumut.

 

Dikatakan Kabag Agama dalam membacakan sambutan Wali Kota bahwa sosialisasi yang digelar ini tentu saja bermuara pada tujuan meningkatkan peran dan fungsi unit pengumpul zakat dalam mengelola Zakat infaq dan sedekah sehingga harta yang diterima dapat disalurkan sesuai dengan tuntunan yang kita ikuti. Artinya jika dikelola secara optimal maka akan menjadi harta yang membawa kita kepada keberkahan dan ridho sang ilahi Rabbi.

 

"Kepada UPZ diharapkan agar mengikuti sosialisasi ini dengan baik sehingga dapat mengoptimalkan pengelolaan ZIS yang diterima sebagai potensi umat Islam bagi pembangunan", ungkap Adlan.

 

Sebelumnya Wakil Ketua BAZNAS Kota Medan, Palit Muda Harahap, dalam laporannya mengatakan UPZ merupakan tangan kanan atau Amil untuk menghimpun dan menyalurkan ZIS. Sehingga dalam pengelolaan ZIS ini para UPZ harus dibekali pengetahuan agar dapat mengelola ZIS dengan baik sesuai aturan. Artinya sosialisasi ini digelar dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan zakat infaq dan sedekah (ZIS) sebagai potensi umat Islam yang dapat disumbangkan dalam pembangunan manusia Indonesia.

 


"Sosialisasi ini digelar bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Unit Pengumpul Zakat tentang Zakat infaq dan sedekah tentang Pengelolaannya. Selain itu juga memberikan pemahaman tentang sistem Pelaporan Keuangan. dengan harapan akan diketahui berapa Jumlah ZIS yang terkumpul dari Kota Medan dan dapat dilaporkan kepada BAZNAS Pusat, sehingga zakat infaq dan sedekah (ZIS) sebagai potensi umat Islam yang dapat disumbangkan dalam pembangunan", jelas Wakil Ketua BAZNAS Kota Medan.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan