Puskemas Helvetia Kini Miliki Layanan Posbindu Sejati

dibaca 234 pembaca

Puskemas Helvetia Kini Miliki Layanan Posbindu Sejati

Dalam rangka memperingati hari kesehatan jiwa sedunia ke 27, Dinas Kesehatan Kota Medan melalui Puskesmas Helvetia bekerjasama dengan Yayasan Nurani Luhur Masyarakat (YNLM) melaunching Posbindu Sejati (Pos Pembinaan Terpadu Sehat Jiwa Helvetia), di Kantor Lurah Helvetia Tengah, Kamis (10/10).

Launching Posbindu ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, dr. Edwin Effendi,M.Sc diwakili Kabid Pencegahan dan Pengendalian, dr. Muthia Nimphar,MARS, bersama Camat Medan Helvetia, Andy Mario Siregar AP.S.Sos, perwakilan dari Yayasan Nurani Luhur Masyarakat (YNLM), Siti Meilan Simbolon dan Kepala UPT. Puskemas Helvetia, Dr. Zulheri.

Dalam kesempatan itu Kabid Pencegahan dan Pengendalian, Dinas Kesehatan Kota Medan, dr. Muthia Nimphar,MARS mengatakan Posbindu Sejati merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan Puskesmas kepada masyarakat ODGJ (orang dengan gangguan jiwa). Artinya masyarakat yang mengalami gangguan kejiwaan akan di periksa secara rutin kesehatan fisik dan kejiwaanya termasuk jadwal rutin minum obat.

"Dengan adanya Posbindu Sejati ini maka masyarakat akan semakin mudah memproleh pelayanan kesehatan."kata Muthia Nimphar.

Selain itu lanjut Muthia, masalah kesehatan jiwa saat ini menjadi perhatian khusus mengingat semakin tingginya kasus gangguan jiwa dari yang ringan sampai yang berat. Program pencegahan dan pengendalian masalah kesehatan jiwa juga telah menjadi komitmen nasional sehingga menjadi salah satu indikator standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan dan indikator keluarga sehat. Karena itulah dengan adanya Posbindu Sejati ini diharapkan dapat menjadi pemicu semangat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kota Medan.

"Saya beraharap launcing Posbindu ini dapat menjadi pemicu bagi semua pihak untuk meningkatkan semangat kerja dan membangun tekad demi pengembangan program pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular serta penyakit jiwa."harap Muthia Nimphar.

Sementara itu perwakilan dari Yayasan Nurani Luhur Masyarakat (YNLM), Siti Meilan Simbolon menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada UPT. Puskemas Helvetia dan Camat Medan Helvetia atas dukungannya dalam mewujudkan posbindu ini. Dirinya juga berharap program ini dapat terus berlanjut kedepanya.

"Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan, semoga kita dapat bersama-sama membantu kesehatan jiwa saudara -saudara kita."ujar Siti Mailan Simbolon.

Tidak hanya itu saja, apresiasi juga disampaikan Camat Medan Helvetia, Andy Mario Siregar,AP.Sos yang mengaku sangat mengapresiasi dengan dilaunchingnya Posbindu ini, apalagi Posbindu Sejati ini merupakan yang pertama di Provinsi Sumatera Utara. Untuk itulah dengan adanya Posbindu Sejati ini masyarakat yang mengalami gangguan ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) dapat kembali dihargai ditengah-tengah masyarakat dan lingkungan keluarganya.

"Sebelumnya penderita ODGJ biasanya akan di kucilkan dari masyarakat bahkan keluarga sendiri, namun setelah adanya Posbindu ini kita berharap dapat membantu penderita ODGJ sehingga kehidupan mereka dapat terperhatikan kembali."ujar Andy Mario Siregar.

Posbindu Sejati nantinya akan memberikan pelayanan kepada penderita ODGJ setiap bulanya di minggu kedua.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan