Wali Kota Medan Buka Orientasi dan Pembekalan Tugas Bagi Anggota DPRD Kota Medan Masa Jabatan 2019-2024

dibaca 383 pembaca

Wali Kota Medan Buka Orientasi dan Pembekalan Tugas Bagi Anggota DPRD Kota Medan Masa Jabatan 2019-2024

Wali Kota Medan, Drs. H.T Dzulmi Eldin S.M.Si.,M.H secara resmi membuka kegiatan orientasi dan pembekalan tugas bagi anggota DPRD Kota Medan masa jabatan 2019-2024 di The Hill Hotel and Resort - Sibolangit, Selasa (1/10). Orientasi dan pembekalan tugas yang berlangsung dari tanggal 1-4 Oktober 2019 ini di ikuti sebanyak 50 orang anggota DPRD Kota Medan dengan ditandai penyematan tanda peserta dan pemukulan gong oleh Wali Kota Medan. Wali Kota Medan dalam sambutanya mengatakan terpilih menjadi anggota DPRD Kota Medan periode 2019-2024 merupakan sebuah berkah dan impian yang menjadi nyata. Namun euforia atas kemenangan itu harus segera disudahi, karena kini telah banyak tugas dan tanggung jawab yang menanti di depan mata.

"Beratnya amanah yang kita emban sebagai wakil rakyat membuat tugas kita sebagai anggota DPRD Kota Medan menjadi beban yang harus kita pikul untuk masa lima tahun ke depan, karena berbagai element masyarakat kota Medan akan senantiasa memantau apa yang telah kita kerjakan, sedang kita kerjakan dan apa yang akan kita kerjakan, merekalah yang akan menjadi juri menilai kinerja kita sebagai wakil rakyat."kata Wali Kota Medan. Karenanya untuk mampu memenuhi ekpetasi masyarakat tersebut, maka harus dipenuhi dengan cara kerja keras dengan jujur, tulus dan ikhlas semata-mata demi masyarakat yang diwakili.

"Saya yakin, akan selalu ada masyarakat yang tidak puas dengan kinerja kita, posisi kita yang merupakan anggota DPRD Kota Medan akan selalu disorot 24 jam setiap harinya, untuk itu jangan sampai kita menyalahgunakan amanah ini seberat apapun cobaan yang akan kita hadapi."ujar Wali Kota Medan. Diakhir sambutanya Wali Kota Medan berharap setiap anggota DPRD kota Medan yang akan mengemban tugas untuk priode lima tahun ke depan akan mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Masyarakat menaruh harapan yang tinggi di pundak kita, jangan sampai harapan itu kita kecewakan dan kita hancurkan, turunlah ke tengah masyarakat konstituen kita sehingga kita akan bisa mendengar suara rakyat."pesan Wali Kota Medan. Sementara itu pimpinan sementara DPRD Kota Medan, Hasyim, SE mengatakan sebagai anggota DPRD Kota Medan yang dipilih langsung oleh masyarakat melalui pemilu legislatif lalu, Hasyim mengajak seluruh anggota Dewan untuk melanjutkan kinerja kedewanan dan menjadi jembatan antara Pemerintah dengan rakyat. Tentunya hal tersebut mestilah dilakukan dengan penuh tanggung jawab untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh warga Kota Medan.

Namun, Hasyim mengingatkan sebelum melaksanakan tugas pokok dan kedewanan secara keseluruhan, dipandang perlu menggelar kegiatan orientasi sebagai bekal untuk meningkatkan kualitas, pengetahuan, dan kompetensi anggota DPRD Kota Medan dalam mendukung tugas serta fungsinya dalam menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. Karena itulah Hasyim berharap keikutsertaan anggota DPRD Kota Medan dalam orientasi ini mampu menambah wawasan dan cara pandang baru dalam mencermati setiap permasalahan Pemerintahan di Kota Medan, sehingga dapat menjadi mitra harmonis Pemerintah dalam menyelesaikan setiap persoalan yang ada.

"Saya berharap melalui orientasi ini dapat menciptakan wakil rakyat yang mampu berperan sebagai unsur Pemerintahan Daerah, pembaharuan, sekaligus perekat persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Kota Medan ini."Harap Hasyim. Sebelumnya Sekretaris DPRD Kota Medan, Drs. Abd Azis dalam laporanya menjelaskan tujuan diselenggarakanya orientasi dan pembekalan tugas ini ialah untuk mengenalkan tugas pokok dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah, sekaligus juga untuk meningkatkan pemahaman tentang ideologi negara, konstitusi, semangat patriotisme dan wawasan kebangsaan.

Adapun materi yang akan diberikan selama orientasi dan pembekalan ini mencakup pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan wawasan kebangsaan NKRI. selanjutnya yaitu internalisasi integritas, pembangunan daerah dan pengelolaan keuangan daerah, sistem pemerintahan Indonesia, hubungan kerja antara DPRD dan Kepala Daerah, fungsi, tugas dan wewenang serta hak dan kewajiban DPRD, optimalisasi pencegahan KKN, dan motivasi kerja. Turut hadir dalam acara pembukaan orientasi dan pembekalan ini Kepala BPSDM Provinsi Sumut, Dr.kaiman Turnip,MSi.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan