Wali Kota Medan Hadiri 4th APCAT Summit 2019

dibaca 163 pembaca

Wali Kota Medan Hadiri 4th APCAT Summit 2019

Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H diwakili Kadis Kesehatan, Dr. Edwin menghadiri Pertemuan Aliansi Kota Asia Pasifik untuk pengendalian tembakau dan pencegahan penyakit  tidak menular (APCAT SUMMIT) ke - 4 tahun 2019 di Hotel Grand Savero, Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/9). Pertemuan ini dilakukan secara berkala untuk mempelajari dan berbagi pengalaman, tentang kebijakan dan strategi pengendalian tembakau yang komprehensif. Serta untuk penggunaan sumber daya yang efektif.

 

Selain Wali Kota Medan, lebih dari 100 pemimpin dari 40 kota di 12 negara se-Asia Pasifik juga hadir dalam pertemuan yang berlangsung selama dua hari ini, diantaranya Wali Kota Bogor, Bima Arya sekaligus Ketua APCAT dan Wakil Ketua APCAT, Francis Anthony S Garcia sebagai Wali Kota Balanga City Philippines serta dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

 

Dalam pertemuan ini, Wali Kota Medan yang diwakili Kadis Kesehatan menjadi pembicara bersama Kepala Daerah lainnya. Berbagai permasalahan dan solusi serta pencapaian di paparkan oleh daerah lain. Seperti yang disampaikan Dr. Edwin, bahwa dalam pengendalian tembakau Kota Medan telah memiliki Perda Nomor 4 tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

 

"Selama berlaku Perda KTR  tersebut,  Pemko Medan telah menegakkan Perda dengan menggelar razia disejumlah pusat perbelanjaan dan melakukan Sidang Lapangan terhadap Tindak Pidana Ringan (Tipiring) sesuai Perda KTR", Kata Edwin.

 

Selanjutnya Edwin menilai pertemuan APCAT Summit akan menguatkan seluruh kebijakan pengendalian tembakau komprehensif dengan penggunaan sumber daya yang efektif.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan