Wali Kota Sambut Baik Pembekalan Data Terpilah Gender Bagi SDM Aparatur

dibaca 224 pembaca

Wali Kota Sambut Baik Pembekalan Data Terpilah Gender Bagi SDM Aparatur

Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M. Si.,M.H menyambut baik kegiatan Pembekalan Data Terpilah Gender Bagi SDM Aparatur dan Pengisian Formulir Pemantauan dan Evaluasi yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat, Senin (30/9) di Ruang Rapat III, kantor wali kota.

 

“Kegiatan ini merupakan ikhtiar meningkatkan kapasitas kemampuan setiap OPD mengimplementasikan pengarusutamaan gender ke dalam setiap tahap dan proses pembangunan,” sebut Wali Kota diwakili Asisten Administrasi Umum, Renward Parapat saat membuka kegiatan tersebut.

 

Melalui sambutan tertulisnya, Wali Kota mengingatkan bahwa Medan pernah meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

 

“Namun beberapa tahun belakangan ini, penghargaan itu belum bisa diraih lagi. Ini harus jadi perhatian kita semua,” ucapnya dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat, Khairunisa, SE, MM itu.

 

Wali Kota juga menyampaikan, data terpilah yang akurat adalah salah satu modal yang sangat menentukan dalam membuat perencanaan yang responsif gender. Karena itu, setiap OPD dan kecamatan harus mempunyai data tersebut hingga dapat dapat membuat perencanaan yang lebih baik.

 

“Data terpilah ini akan memperkuat dan mendorong kelembagaan sistem data dengan memilih menurut jenis kelamin dan umur yang terpercaya, dapat disajikan dengan cepat, akurat, dan komprehensif,” ujarnya seraya berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat, Khairunnisa, SE, MM melaporkan kegiatan ini bertujuan, antara lain untuk memenuhi ketersediaan dan pemanfaatan data informasi gender dan anak sehingga diharapkan berguna sebagai alat/data pembuka wawasan dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan hasil kebijakan program yang responsif gender.

 

Selain itu, sebutnya, kegiatan ini bertujuan untuk dapat menyelesaikan laporan pemantauan dan evaluasi yang dilaksanakan oleh Pemprovsu terhadap kepala daerah yang mempunyai komitmen dalam pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan di seluruh kabupaten/kota se-Sumut.

 

Kegiatan ini, lapornya, diikuti segenap perwakilan OPD dan kecamatan di lingkungan Pemko Medan, LSM, Karang Taruna, organisasi masyarakat, dan kalangan dunia usaha itu. Sedangkan narasumber berasal dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumut, Bappeda Medan, dan PSW USU.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan