Pemko Ajak Anggota Karang Taruna Cegah Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Masing-masing

dibaca 176 pembaca

Pemko Ajak Anggota Karang Taruna Cegah Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Masing-masing

Pemko Medan mengajak seluruh anggota Karang Taruna Medan membantu pemerintah dalam mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba di lingkungan masing-masing.  Ajakan ini disampaikan Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si., M.H., diwakili Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si., saat menghadiri Syukuran HUT ke-59 Karang Taruna yang diselenggarakan di Sekretariat Karang Taruna Medan, Jalan Amir Hamzah, Kelurahan Sei Agul, Medan Barat, Kamis (26/9) sore.  

”Narkoba adalah masalah sosial yang harus kita hadapi dengan sikap yang tegas. Organisasi Karang Taruna sebagai mitra pemerintahan dalam pemecahan masalah-masalah sosial, tentulah harus punya andil dalam mencegah dan memberantas peredaran narkoba. Kalau ingin berjihad, berjihadlah dalam memberantas narkoba,” ungkap Wakil Wali Kota acara yang dihadiri Ketua Karang Taruna Medan, Akhiruddin Nasution, Kepala Dinas Sosial, Endar Sutan Lubis, Sekretaris Karang Taruna Medan, Suhardi Arbie, segenap pengurus Karang Taruna, puluhan anak yatim piatu tersebut.  

Wakil Wali Kota menyebutkan, banyak kejahatan terjadi akibat diawali dengan pemakaian narkoba. Sebagai besar penghuni lembaga pemasyarakatan juga adalah para penguna narkoba. Ini menunjukkan narkoba telah menjadi masalah serius. 

”Narkoba adalah musuh yang nyata. Musuh yang harus diberangus. Setiap kita berkewajiban untuk menjaga diri, keluarga, dan lingkungan kita agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba,” sebut Wakil Wali Kota.  Wakil Wali Kota juga mengajak seluruh anggota Karang Taruna agar membantu Pemko Medan dalam menanamkan karakter bersih pada warga di lingkungan terdekat. 

”Karakter bersih ini akan menimbulkan rasa tanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. Program pemerintah dalam bidang kebersihan tidak akan efektif dan efisien jika masyarakat tidak memiliki karakter bersih, tidak menganggap menjaga kebersihan adalah tanggung jawab pribadi,”  sebut Wakil Wali Kota. Dalam syukuran itu, Wakil Wali Kota juga menyampaikan apresiasi kepada Karang Taruna Medan yang selama ini telah menunjukkan kinerja dalam bidang sosial kemasyarakatan. 

”Kita ingin Karang Taruna tetap menjadi mitra Pemko,” ucap Wakil Wali Kota seraya mengucapkan selamat kepada Karang Taruna yang telah memasuki usia ke-59 tahun ini. Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Medan, Akhiruddin Nasution, mengungkapkan rasa terharunya atas dukungan yang telah diberikan Pemko Medan terhadap kerja-kerja sosial yang dilakukan Karang Taruna selama ini. 

”Dukungan Pemko ini kian menambah semangat kami untuk terus berbuat dan memberikan kontribusi dalam mengentaskan persoalan-persoalan sosial di Medan,” ungkap Akhiruddin.  Kerja-kerja mengentaskan permasalahan sosial ini, lanjut Akhiruddin, merupakan amanat yang diberikan kepada Karang Taruna. Tentunya amanat ini harus dijalankan dengan iklas dan sepenuh hati. 

Syukuran HUT ke-59 Karang Taruna yang digelar Karang Taruna Medan ini berlangsung sahaja namun penuh hikmad. Wakil Wali Kota bersama segenap pengurus, dan anak yatim piatu duduk bersila di lantai beralas tikar. Acara yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Wakil Wali Kota itu juga terasa lebih bermakna dengan pemberian saguhati kepada anak-yatim piatu.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan