Kabut Asap Meningkat, BPBD Medan Bagikan Masker Untuk Pengendara

dibaca 239 pembaca

Kabut Asap Meningkat, BPBD Medan Bagikan Masker Untuk Pengendara

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di sejumlah Wilayah di Pulau Sumatera berdampak kabut asap di Kota Medan. Kabut asap kiriman yang melanda kota Medan ini yang mulai meresahkan masyarakat, bahkan intensitas kabut asap beberapa hari terakhir mulai mengganggu aktivitas masyarakat sehingga warga mulai mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Untuk mengantisipasi dampak yang berpotensi merugikan masyarakat, Pemerintah Kota Medan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai membagikan masker kepada pengendara dan masyarakat yang difokuskan di jalan Sisingamangaraja tepatnya di depan Makam Pahlawan, Senin (23/09).


Seperti dijelaskan, Kepala BPBD Medan Arjuna Sembiring, pembagian masker untuk masyarakat dan pengendara yang melintas di jalan Sisingamangaraja ini sebagai langkah antisipasi dampak kabut asap yang beberapa hari ini sudah melanda Kota Medan.

” Sesuai instruksi Wali Kota Medan, Bapak Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H pembagian masker itu sebagai program antisipasi dampak kabut asap, karena kondisi saat ini di lapangan kabut Asap semakin tebal yang mengakibatkan terganggunya aktifitas warga", kata Arjuna.

Menurut Kepala BPBD, aksi sosial membagikan masker ini untuk membantu masyarakat agar terhindar dari berbagai penyakit seperti gangguan tenggorokan dan pernapasan. Walaupun berdasarkan informasi yang diperoleh BMKG cuaca masih diatas ambang batas, akan tetapi kita tetap mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dari Kabut asap kiriman ini.

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktifitas di ruangan terbuka mengingat semakin intensitas kabut asap, akan tetap bila harus beraktifitas kami menyarankan gunakanlah masker agar terhindar dari penyakit", ujar Arjuna.


Dijelaskan Arjuna, hari ini BPBD Medan membagikan sebanyak 3.000 masker dan direncanakan besok juga akan dibagikan masker sebanyak 5.000 di sejumlah titik lainya di kota Medan seperti lapangan Merdeka dan Jalan Gatot Subroto. Selain itu pembagian masker ini juga akan terus berlanjut sampai kabut asap berkurang.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan