Wali Kota Medan Harapkan Konsul AS Yang Baru Mampu Bawa Perubahan Bagi Pembangunan

dibaca 151 pembaca

Wali Kota Medan Harapkan Konsul AS Yang Baru Mampu Bawa Perubahan Bagi Pembangunan

Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H berharap kehadiran Konsul Amerika Serikat (AS) yang baru, Guy Margalith ke Kota Medan akan mampu membawa perubahan yang positif bagi kerjasama antara dua Negara, khususnya untuk pembangunan di Kota Medan. Artinya sebagai Konsul AS untuk Sumatera dengan home base di Kota Medan akan mampu menjadi salah satu jalan kota ini untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

Demikian hal ini disampaikan Wali Kota Medan ketika menghadiri malam Perkenalan Konsul AS yang baru Guy Margalith, di Heritage Grand Aston Hotel, Kamis (12/9). Hadir pada malam Perkenalan tersebut, Wakil Konsul AS, Jessica Panchatna, Perwakilan Gubernur Sumut, Para Konsul Negara Sahabat dan Unsur Forkompinda Kota Medan.

Dikatakan Wali Kota, selain mewakili kepentingan negara asalnya, seorang Diplomat juga harus mampu melihat potensi kerjasama dan aneka kebutuhan yang dibutuhkan oleh wilayah tempat dia ditempatkan. Artinya sensitivitas dan pengalaman sebagai Diplomat tentunya akan sangat banyak membantu proses tersebut.

"Kerjasama Bilateral antara Negara Republik Indonesia dengan Amerika Serikat memang telah berlangsung sejak lama, meskipun demikian masih banyak peluang untuk terus dikembangkan kerjasama ke tingkat yang lebih baik lagi ", kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota, sebagai Konsul AS untuk wilayah Sumatera, tentu banyak pihak di Sumatera yang telah menyampaikan harapan dan impian mereka kepada Saudara Guy Margalith. Artinya segala kerja sama yang bersifat Win- Win Solution tentunya akan disambut baik demi kemajuan Pembangunan Kota Medan di masa mendatang.

"Selamat datang Ke Kota Medan dan selamat bertugas sebagai Konsul AS yang baru. Semoga kedepan Hubungan bilateral kedua Negara dapat terjalin lebih baik lagi dan kehadiran Konsul AS berdampak positif khususnya bagi pembangunan di Kota Medan", ujar Wali Kota.

Sementara itu, Konsul AS yang baru Guy Margalith dalam sambutannya mengungkapkan dirinya sangat bahagia dan bersyukur karena ditempatkan sebagai Konsul AS di wilayah Sumatera. Sebab dirinya berpeluang belajar tentang tempat baru, budaya baru, adat istiadat baru dan kenal dengan orang baru di Indonesia yang dikenal dengan keramahannya.

"Tentunya dalam hubungan diplomatik ini, kami siap untuk melanjutkan kemitraan yang sudah terjalin selama ini, pintu kami selalu terbuka untuk mendengarkan cerita maupun ide-ide hebat yang nantinya dapat berkolaborasi dalam berbagai program yang akan berdampak bagi kedua Negara", kata Konsul AS.

Kemudian ,Guy Margalith juga mengucapkan atas Nama Pemerintah Amerika Serikat, dirinya menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya Presiden RI ke - 3, BJ. Habibie. Beliau merupakan salah satu putra terbaik bangsa Indonesia dan sosok yang ramah, rendah hati dan jenius. Tentunya kontribusi beliau sebagai inspirator untuk Indonesia dan dunia begitu luar biasa.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan