Festival Layang-Layang Danau Siombak 2019 Tarik Minat Masyarakat

dibaca 413 pembaca

Festival Layang-Layang Danau Siombak 2019 Tarik Minat Masyarakat

Seratusan peserta mengikuti festival layang-layang yang di selenggarakan Pemko Medan, di tepi Danau Siombak Payah Pasir, Minggu (8/9). Selain untuk meningkatkan kepariwisataan, event ini juga mampu menarik minat masyarakat terhadap permainan tradisional layang-layang.

Festival layang-layang Danau Siombak 2019 ini dibuka oleh Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Drs. Agus Suriyono dengan ditandai penerbangan layang-layang secara simbolis.

Dalam sambutanya Agus mengatakan Pemko Medan selalu menempatkan wisata sebagai bagian dari pembangunan daerah. Karena itulah Agus sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan festival layang-layang Danau Siombak ini, mengingat kegiatan ini merupakan salah satu upaya pelestarian budaya yang diharapkan dapat menarik minat wisatawan untuk dapat berkunjung ke danau siombak.

"Festival layang-layang ini adalah salah satu contoh event pariwisata berbasis kearifan lokal, karenanya saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, melalui event ini saya harap dapat meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke kota Medan khususnya di Danau Siombak."kata Agus.

Selain itu, Agus juga menilai festival layang-layang ini selain sebagai upaya menarik wisatawan juga berfungsi sebagai wahana atau ajang kreatifitas bagi masyarakat, karena memainkan layang-layang bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan teknik yang tepat untuk menerbangkanya setinggi mungkin. Namun dengan tingginya minat masyarakat untuk mengikuti festival ini menunjukkan bahwa permainan layang-layang hingga saat ini masih terus digemari masyarakat.

"Saya sangat merasa senang dan bangga melihat banyaknya jumlah peserta yang mengikuti festival ini layang-layang ini, semoga festival ini berjalan sukses dan dapat menjadi event international kedepanya."harap Agus.

Event festival layang-layang Danau Siombak 2019 ini menampilkan berbagai jenis layang-layang seperti layangan sari bulan, layangan tanduk dan layangan paha ayam. Pembukaan Festival layang-layang ini turut dihadiri oleh Camat Medan Marelan Muhammad Yunus,S.STP, unsur muspika Kecamatan, dan para pemerhati situs kota cina.



Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan