Wali Kota Medan Harapkan Bincang Bisnis Bersama Pelaku UMKM Dapat Mengembangkan Ekonomi Kreatif

dibaca 240 pembaca

Wali Kota Medan Harapkan Bincang Bisnis Bersama Pelaku UMKM Dapat Mengembangkan Ekonomi Kreatif

Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H membuka pertemuan Bincang Bisnis Bersama Pelaku UMKM di Hotel Grand Mercure, Sabtu (7/9). Kegiatan yang digelar Harian Tribun dan HP Inc. Indonesia ini diharapkan dapat mendukung pengembangan ekonomi kreatif masyarakat di Kota Medan khususnya dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Pertemuan Bincang Bisnis yang dihadiri Ratusan Pelaku UMKM di Kota Medan ini dihadiri Pimpinan Perusahaan Tribun Medan, Setiawan, Perwakilan HP Indonesia, Fajar Harianto, Plt Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Sumut, Ridha Haikal serta para Narasumber Alexander Zulkarnain, Morris Alexander Sinaga dan Tri Handayani.

Dikatakan Wali Kota Medan, salah satu cara untuk mampu keluar dari kesulitan ekonomi adalah dengan cara memanfaatkan kemajuan ekonomi digital saat ini, apalagi momentum revolusi industri 4.0 menjadikan proses Digitalisasi, Robotisasi, Internet Of Things dan Big Data sebagai ciri khasnya. Artinya jika Bangsa Indonesia mampu mengoptimalkan kemudahan yang ditawarkan oleh Revolusi Industri 4.0 ini.

"Diprediksi Jumlah IKM (Industri Kecil Menengah) Akan terus meningkat seiring pertumbuhan kelas menengah yang diperkirakan mencapai 70 persen dari total penduduk Indonesia tahun 2025. Selain itu IKM juga harus mampu memanfaatkan potensi dari Bisnis berbasis Platform Digital, hal ini seiring dengan perkembangan Ekonomi Digital", Kata Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota berharap para pelaku UMKM yang hadir dalam acara ini akan mampu belajar banyak dari para pelaku bisnis yang sudah terbukti kehandalannya di bidang masing-masing. "Saya berharap kegiatan ini dapat mendukung pengembangan ekonomi kreatif masyarakat di Kota Medan", Harap Wali Kota Medan.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi (Pemred) Harian Tribun Medan Syarif Dayan mengungkapkan nantinya ada sebanyak 200 pelaku UMKM Kota Medan yang akan mengikuti kegiatan yang bekerjasama dengan salah satu perusahaan penghasil mesin printer Hp tersebut. Nantinya, pelaku UMKM akan diberikan motivasi dari para keynote speaker termasuk Wali Kota.

“Ini menjadi bentuk kontribusi kami bagi UMKM Kota Medan. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah semangat sekaligus memberikan masukan, saran serta inspirasi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya", jelasnya.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan