Peringatan Hari Anak Nasional, Pemko Medan Gelar Jambore Anak Inklusi Kota Medan

dibaca 392 pembaca

Peringatan Hari Anak Nasional, Pemko Medan Gelar Jambore Anak Inklusi Kota Medan

Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (P3APM) menggelar Jambore Anak Inklusi Kota Medan di Taman Pramuka Cadika Medan Johor, Minggu (08/09). Kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional ini diikuti 350 anak dengan diisi berbagai dengan kegiatan dan Penganugerahan Wali Kota dan Wakil Wali kota Anak.

Dalam Puncak Jambore Anak Inklusi Kota Medan ini, kehadiran Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H dihadiri Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si semakin menambah kemeriahan acara Jambore Anak. Selain itu hadir juga Asisten Umum Renward Parapat dan Kadis P3APM Khairunnisa Mozasa serta Perwakilan Bank Sumut.

Dikatakan Wali Kota Medan, kegiatan Jambore Anak Inklusi yang digelar dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional ini semakin menyadari bahwa anak merupakan kader-kader Generasi Penerus Bangsa yang akan melanjutkan program-program pembangunan ke depannya.

"Melalui Peringatan Hari Anak Nasional ini anak-anak kita bertumbuh menjadi anak Indonesia yang sehat, kreatif serta berakhlak mulia sehingga ke depannya kita berharap dapat berguna bagi bangsa dan negara yang kita cintai, khususnya dalam mengisi pembangunan di Kota Medan", kata Wakil Wali Kota.

Dijelaskan Wakil Wali Kota, dalam mewujudkan sikap kepedulian terhadap peringatan Hari Anak Nasional, Pemko Medan bertekad dan memproritaskan Kota Medan menjadi Kota Layak Anak. Selain itu memfasilitasi berbagai kegiatan untuk penguatan dan ruang partisipasi anak. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membangun komitmen dalam meningkatkan perlindungan anak serta memenuhi hak- hak anak dengan mengupayakan Akte Kelahiran Gratis.

"Pemko Medan juga akan meningkatkan fasilitas seperti ruang khusus bagi anak di rumah sakit dan menyediakan ruang bermain di sejumlah taman serta ruang baca khusus anak di Perpustakaan, sebab terdapat empat pokok yang harus menjadi perhatian kita kepada anak yaitu hak perawatan dan pengasuhan, kesehatan, pendidikan dan rekreasi serta hak perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi", jelas Wakil Wali Kota.

Sementara itu Kadis P3APM, Khairunnisa Mozasa, mengungkapkan bahwa Jambore Anak Inklusi Kota Medan ini digelar dari tanggal 6 sampai 8 September 2019 di Taman Cadika. Dalam Jambore Anak Inklusi ini diikuti 350 Anak dari Forum Anak Kecamatan, Forum Anak Kota Medan dan anak - anak dari Lembaga Pemerhati Anak.

"Dalam Kegiatan Jambore Anak Inklusi ini juga dimeriahkan Festival Seni Budaya, Festival Film Anak dan Festival Teater Anak serta Malam Keakraban. Selain itu juga diisi Puncak Penganugerahan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Anak serta berbagai perlombaan diantaranya Lomba Mewarnai untuk TK dan PAUD", kata Kadis P3APM.

Selanjutnya Dalam Jambore Anak Inklusi, Wakil Wali Kota Medan didampingi Kadis P3APM memberikan Penganugerahan kepada anak yang terpilih menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Anak. Kedua anak ini dinilai selama mengikuti Jambore sangat bagus dan menunjukkan kreatifitasnya.



Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan