Dinas Ketahanan Pangan Jadikan Program Kelurahan Edukasi Pangan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

dibaca 407 pembaca

Dinas Ketahanan Pangan Jadikan Program Kelurahan Edukasi Pangan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pemko Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan memiliki program Kelurahan Edukasi Pangan (KEDAN). Program ini merupakan bentuk kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat agar mau memanfaatkan daerah tempat tinggalnya sebagai sumber pangan.

"Melalui program ini kami menginginkan agar masyarakat dapat memanfaatkan daerah tempat tinggal mereka sebagai sumber pangan keluarga dengan konsep urban farming dan memanfaatkan lahan sempit sehingga lingkungan lebih asri sekaligus meningkatkan kepedulian bersama untuk mengelolanya." Kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Ir. Emilia Lubis.

Dari hasil pemanfaatan lahan tersebut, diharapkan dapat menambah kesejahteraan masyarakat karena tanaman organik yang dihasilkan tersebut dapat dijual.

"hasil dari yang mereka tanam bisa juga dijual sebagai tanaman organik selain itu dapat dimanfaatkan sendiri dan juga sebagai tempat swafoto yg mengundang orang untuk datang ke lingkungan mereka."sebut Emilia.

Program Kelurahan Edukasi Pangan (KEDAN) Saat ini sudah diterapkan di dua kelurahan yaitu Sei Agul dan Kelurahan Anggrung.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan