Peserta Diklatpim Tingkat IV Pusat Pengembangan SDM Kemendagri Regional Bukit Tinggi Berkunjung Ke Kota Medan

dibaca 210 pembaca

Peserta Diklatpim Tingkat IV Pusat Pengembangan SDM Kemendagri Regional Bukit Tinggi Berkunjung Ke Kota Medan

Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H diwakili Asisten Umum, Renward Parapat menerima kunjungan peserta Diklatpim Tingkat IV angkatan 3 dan 4 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Regional Bukit Tinggi di ruang Rapat II, Kantor Wali Kota Medan, Rabu (4/9). Kunjungan 60 Peserta Diklatpim yang dilakukan dalam rangka benchmarking/studi banding ke Pemko Medan dari tanggal 4 - 7 September 2019.

Rombongan peserta yang dipimpin oleh Irwandi, SE ini selama di Kota Medan bertujuan untuk membekali peserta diklat agar dapat mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan dari locus benchmarking dalam pembangunan di semua bidang, kemudian nantinya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang berkualitas, adil dan merata.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Dalam sambutan tertulis Wali Kota yang di bacakan Asisten Umum mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan peserta Diklatpim Tingkat IV di Kota Medan. Diharapkan selama melakukan kunjungan para peserta dapat mengadopsi dan mangadaptasi keunggulan dari locus benchmarking yang ada di lingkungan Kota Medan.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
"Atas nama Pemko Medan saya ucapkan selamat datang kepada para peserta diklatpim ke Kota Medan. Dengan kehadiran peserta diklatpim ini nantinya dapat mengadopsi dan mangadaptasi keunggulan dari locus benchmarking yang di lingkungan Kota Medan," ucapnya.

Dijelaskan Renward, Benchmarking adalah suatu proses yang biasa digunakan dalam manajemen atau umumnya manajemen strategis, dimana suatu unit/bagian/organisasi mengukur dan membandingkan kinerjanya terhadap aktivitas atau kegiatan serupa unit/bagian/organisasi lain yang sejenis baik secara internal maupun eksternal

"Nanti hasil dari benchmarking, suatu organisasi dapat memperoleh gambaran dalam (insight) mengenai kondisi kinerja organisasi sehingga dapat mengadopsi best practice dari unit/bagian/organisasi lain untuk meraih sasaran yang diinginkan oleh masing-masing peserta", jelas Renward.

Selanjutnya, Dijelaskan Renward, bahwa Pemerintah Kota Medan menuju smart city, melalui penyediaan infrastruktur teknologi komunikasi dan informatika yang berkualitas, serta pemanfaatan teknologi dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Saat ini Pemko Medan telah memiliki data center dan command center, serta sejumlah layanan dan aplikasi, dalam mendukung kinerja segenap aparatur guna memberikan pelayanan yang optimal,” Jelas Renward.

Kemudian dalam kesempatan tersebut Renward juga memaparkan secara singkat mengenai Kota Medan. Selain memiliki luas wilayah 26.510 hektar, ibukota Provinsi Sumatera Utara ini juga memiliki jumlah penduduk mencapai 2.4 juta jiwa dengan beragam suku, agama dan budaya yang berbeda namun semuanya hidup berdampingan dengan rukun dan damai.

Sementara itu, Ketua Rombongan Irwandi mengungkapkan rombongan peserta Diklatpim Tingkat IV angkatan 3 dan 4 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Regional Bukit Tinggi berjumlah 60 orang ini berasal dari Berbagai Provinsi di Pulau Sumatera, diantaranya, Sumbar, Riau, dan Sumut. Dimana seluruh peserta akan mengunjungi beberapa OPD di lingkungan Pemko Medan.

"Para peserta nantinya akan berkunjung ke 5 OPD di lingkungan Pemko Medan termasuk puskesmas, yakni Dinas Kominfo Kota Medan, Dinas Perhubungan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Dinas Pendidikan, Kecamatan Medan Kota, dan Puskesmas Glugur Darat. Kami berharap dengan kunjungan ini para peserta diklatpim dapat belajar serta melihat apa-apa saja yang dilakukan Pemko Medan dalam melakukan pembangunan", jelasnya.

Selanjutnya Pada Peserta Diklatpim Tingkat IV angkatan 3 dan 4 Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Regional Bukit Tinggi usai dari Balai Kota melakukan kunjungan ke OPD terkait termasuk ke Command Center yang terletak di Kantor Wali Kota Medan.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan