Wali Kota Medan Hadiri Majelis Syukuran 131 Tahun Istana Maimun dan Hari Keputeraan Sultan Deli XIV

dibaca 357 pembaca

Wali Kota Medan Hadiri Majelis Syukuran 131 Tahun Istana Maimun dan Hari Keputeraan Sultan Deli XIV

Pemko Medan sangat mendukung dan mengapresiasi acara peringatan 131 tahun Istana Maimun sebagai upaya untuk mengembalikan kejayaan Istana Maimun seperti dahulu kala dan dapat menjadi destinasi wisata budaya di Kota Medan sehingga dapat mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H diwakili Sekda Kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman, MM usai menghadiri acara peringatan 131 tahun Istana Maimun dan peringatan Hari Ulang Tahun ke-21 (Hari Keputeraan) Sultan Deli XIV, Sultan Arya Lamanjiji Perkasa Alam yang berlangsung di Istana Maimun, Kamis (29/8) malam.

"Tentunya Pemko Medan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan semarak 131 Istana Maimun ini. Melalui event ini mari kita lestarikan kebudayaan melayu di Kota Medan. Selain itu kita dapat memberi pelajaran kepada generasi muda akan kebudayaan dengan menjaga Istana Maimun sebagai cagar budaya yang wajib kita lestarikan," ujar Sekda.

Disamping itu, Sekda mengungkapkan Kota Medan merupakan kota multikutural yang terkenal akan keragaman budaya dan sukunya. Salah satu kebudayaan yang masih melekat di Kota Medan adalah kebudayaan melayu dengan Istana Maimun sebagai peninggalan sejarahnya.

"Istana Maimun merupakan peninggalan kesultanan deli yang sampai sekarang masih berdiri kokoh, hal ini juga membuktikan bahwa Kota Medan merupakan tanah melayu. Untuk itu digelarnya perayaan ulang tahun ke 131 tahun Istana Maimun sangat bagus dan positif," ungkap Wiriya.

Selain sebagai ungkapan rasa syukur, tambah Sekda, juga untuk menjaga kelestarian kebudayaan melayu serta dapat bermanfaat bagi generasi muda untuk mengetahui sejarah berdirinya Istana Maimun.

"Saya juga berharap kegiatan ini nantinya dapat menarik perhatian wisatawan lokal, maupun mancanegara untuk dapat mengetahui dan menambah wawasan kebudayaan melayu serta warisan sejarah melayu yang melekat di Istana Maimun," harapnya.

Sebelumnya, dalam sambutan singkatnya Ketua Pembina Yayasan Sultan Ma’moen Al Rasyid HTM Ichsan Al Rajid berharap dengan diadakannya perayaan ulang tahun Istana Maimun ke 131 tahun, nantinya akan semakin memajukan Istana Maimun sebagai salah satu bangunan bersejarah yang mempertahankan kebudayaan Melayu serta dukungan penting demi kemajuan pariwisata di Sumut, khususnya Medan.

“Harapan terbesar dari perhelatan budaya melalui ulang tahun Istana Maimun adalah dukungan penuh pemerintah baik daerah maupun pemerintah pusat untuk menjadikan perayaan tersebut sebagai agenda tahunan agar dapat mempertahankan kebudayaan Melayu serta menaikkan pariwisata Sumut dan Medan hingga mancanegara," harapnya.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan