Pemkab Bangka Selatan Belajar Program Smart City Dengan Pemko Medan

dibaca 18 pembaca

Pemkab Bangka Selatan Belajar Program Smart City Dengan Pemko Medan

Pemkab Bangka Selatan melakukan kunjungan kerja ke Balai Kota Medan, Rabu (14/8). Rombongan yang berjumlah 8 orang itu terdiri dari anggota Komisi I DPRD Bangka Selatan. Selain bersilaturahmi, kedatangan mereka bertujuan untuk mengetahui serta menggali informasi terkait program smart city yang dijalankan Pemko Medan. Dengan harapan nantinya informasi yang didapat bisa diterapkan dan diimplementasikan dalam penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Bangka Selatan yang lebih baik khususnya dalam hal pencatatan administrasi.

Kedatangan rombongan yang dipimpin Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Syamsir, ST tersebut diterima Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,MH diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kota Medan, Khairul Syahnan didampingi Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Sri Maharani. Dalam kesempatan tersebut, Syahnan juga menyampaikan secara singkat gambaran Kota Medan yang terdiri dari 21 kecamatan, 151 kelurahan, 2001 lingkungan dengan jumlah penduduk 2,4 juta jiwa dengan arus komuter lebih dari 500 ribu setiap harinya.

"Alhamdulillah, hari ini kita dapat saling bersilaturahmi dan berbagi informasi. Kami menyambut baik kehadiran seluruh rombongan karena telah memilih Kota Medan sebagai kota tujuan melakukan kunjungan kerja. Semoga segala informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan khususnya pelayanan publik yang dijalankan Pemko Medan dapat memberi masukan untuk meningkatkan mutu dan layanan di Pemkab Bangka Selatan," kata Syahnan.

Selanjutnya, selain terkait data kependudukan dan aplikasi sistem layanan publik, Syahnan mengungkapkan bahwa Pemko Medan telah memiliki Command Center sebagai wadah yang dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan kritikan, keluhan, saran dan masukan. Disamping itu juga lanjut Syahnan, terdapat sebanyak 49 aplikasi lainnya diantaranya sistem informasi sister city dan Area Traffic Control System (ATCS) yang seluruhnya dapat diakses oleh masyarakat.

"Ada berbagai aplikasi yang dimiliki dan dijalankan oleh Pemko Medan. Seluruh aplikasi yang dijalankan secara keseluruhan tujuannya guna memberi informasi dan kemudahan bagi masyarakat. Oleh sebab itu, kami berharap apa yang kami sampaikan hari ini dapat bermanfaat dan bisa dijadikan pedoman bagi Pemkab Bangka Selatan dalam melayani masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Ketua Rombongan DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Syamsir, ST menyampaiakan ucapan terima kasih kepada Pemko Medan atas sambutan yang diberikan. Pihaknya mengatakan segala informasi yang disampaikan akan menjadi pertimbangan bagi Pemkab Bangka Selatan untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat. "Terima kasih kami ucapakan atas sambutan dan masukan yang diberikan. Semoga silaturahmi dan hubungan baik antara Pemko Medan dan Pemkab Bangka Selatan tetap terjalin baik," ungkapnya.

Pertemuan yang dimulai pukul 14.00 WIB tersebut turut dihadiri sejumlah perwakilan OPD di lingkungan Pemko Medan diantaranya Dinas Kominfo Kota Medan. Selanjutnya acara yang berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan tersebut dipungkasi dengan pemberian cinderamata dari Pemko Medan ke Pemkab Bangka Selatan sebagai ucapan selamat datang.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan