Wujudkan Indonesia Layak Anak, Wali Kota Medan dan Gubernur Sumut Tandatangani MoU

dibaca 132 pembaca

Wujudkan Indonesia Layak Anak, Wali Kota Medan dan Gubernur Sumut Tandatangani MoU

Guna mewujudkan Indonesia Layak Anak, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendorong Pembangunan Kabupaten/Kota Layak Anak. Hal ini dituangkan dalam Penandatanganan MoU oleh Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H dan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Kamis (8/8). MoU ini ditandatangani agar terbangun sinergitas antara Pemerintah Provinsi Sumut dengan Kabupaten/Kota
dalam mewujudkan Indonesia Layak Anak.

Selain Wali Kota Medan Penandatanganan MoU yang dihadiri
Deputi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bidang Tumbuh Kembang Anak, Lenni N Rosalin, SE dan Sekda Provinsi Sumut Sabrina ini juga diikuti Bupati dan Wali Kota se-Provinsi Sumut.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan dengan penandatanganan MoU ini diharapkan mampu memastikan semua anak yang memerlukan perlindungan khusus mendapatkan layanan mulai dari layanan pengaduan, kesehatan, rehabilitasi sosial, bantuan hukum sampai pada layanan reintegrasi serta mencegah kekerasan terhadap anak.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
"Betapa pentingnya menjaga perlindungan anak. Akibat orang tua yang tidak bertanggung jawab kepada anaknya, anak tidak dapat mendapatkan haknya. Artinya jangan jadi orang tua kaleng-kaleng jadi orang tua yang benar. Benar-benar dan memahami betul dalam melindungi anak," kata Gubernur Sumut.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Menurut Gubsu, saat ini masih ada orang tua yang memukul anaknya karena hal sepele. Untuk itu melalui momentum ini Gubsu mengajak seluruh masyarakat se-Sumatera Utara untuk ikut serta dalam memenuhi hak anak salah satunya dengan turut menyangi anak-anak disekitar kita.

Sementara itu, Wali Kota Medan mengungkapkan Pemko Medan mendukung dan mengapresiasi diadakan Penandatanganan MoU ini. Tentunya ini merupakan upaya untuk menekan tindakan kekerasan pada anak. Sehingga para orang tua dapat melindungi anak-anaknya dari tindakan kekerasan.

"Kita berharap Adanya MoU ini dapat menekan angka kekerasan terhadap anak khususnya di Kota Medan. Tentunya Pemko Medan akan melakukan kerjasama dengan Komisi Perlindungan Anak untuk bersama-sama mengawasi tindakan kekerasan terhadap anak", kata Wali Kota.

Selanjutnya dalam Penandatanganan MoU ini juga diisi pemaparan Advokasi Kabupaten/Kota Layak Anak dalam Percepatan Provinsi Sumatera Utara Menuju Provinsi Layak Anak yang disampaikan Deputi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bidang Tumbuh Kembang Anak, Kementerian PPPA RI, Lenni N Rosalin.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan