Pemko Medan Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

dibaca 284 pembaca

Pemko Medan Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

Pemerintah Kota Medan Melalui Dinas Perhubungan Kota Medan menggelar Pemilihan Pelajar Pelopor keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Medan Club, Selasa (6/8). Pemilihan yang diikuti 50 Pelajar tingkat SMA/SMK se-Kota Medan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pengguna jalan raya khususnya para Pelajar yang merupakan generasi muda.

Dalam pembukaan Pemilihan Pelajar Pelopor keselamatan Lalu Lintas yang dihadiri Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H diwakili Kadis Perhubungan, Iswar Lubis, S.SiT, MT, Kasatlantas Polrestabes Medan, AKBP Juliani Prihatini, Kepala Perwakilan Medan Jasa Raharja, Gannis Indra Setyawan, Para pelajar ini akan mengikuti seleksi dan pemaparan pemateri selama tiga hari.

Kadis Perhubungan Iswar Lubis, dalam membacakan sambutan Wali Kota Medan, mengatakan sesuai amanat Undang-undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, dimana kewajiban Pemerintah untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan terutama khususnya bagi Pelajar. Oleh sebab itu Kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ini dinilai sangat penting untuk meningkatkan pemahaman tentang keselamatan Lalu Lintas bagi pelajar.

"Kegiatan ini juga sebagai upaya dalam membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan melalui suatu pembinaan kepada pelajar yang ada di Kota Medan. Artinya para pelajar ini akan menjadi pelopor keselamatan Lalu Lintas di tengah lingkungan dan masyarakat", kata Kadishub.

Menurut Kadishub, para pelajar yang mengikuti pemilihan ini nantinya yang juara akan dilakukan pembinaan dan mengikuti pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas ditingkat Provinsi Sumatera Utara dan jika berhasil menjadi juara akan mengikuti pemilihan ditingkat Nasional. Untuk itu para pelajar manfaat pemilihan ini untuk memperoleh ilmu pengetahuan dalam keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sehingga dapat menjadi pelopor ditingkat Provinsi dan Nasional.

"Saya harapkan para pelajar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan dengarkan pemateri saat memberikan pengetahuan, jadikan ini motivasi kita untuk meningkatkan pemahaman keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, sehingga para pelajar yang terpilih dapat mengimplementasikan ilmu dan menjadi contoh bagi pengguna jalan" jelas Kadishub.

Sementara itu, Kasatlantas Polrestabes Medan, AKBP Juliani Prihatini mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung digelarnya Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sebab kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Berdasarkan data, angka Kecelakaan saat ini rentan terjadi pada usia yang produktif yakni dari umur 15 tahun sampai 21 tahun. Oleh sebab itu kegiatan ini sangat baik untuk menekan angka tersebut karena pada pelajar yang merupakan generasi muda diberikan pemahaman tentang keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan", kata Kasatlantas Polrestabes Medan yang juga membuka Kegiatan tersebut.

Sebelumnya ketua panitia, Purba dalam laporannya mengatakan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ini diikuti 50 Siswa-siswi dari SMA/SMK di Kota Medan dan pemilihan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 6 sampai 8 Agustus 2019. Juara pertama akan mendapatkan santunan sebesar 5 juta rupiah dan berhak mengikuti pemilihan ke tingkat Provinsi Sumatera Utara.

"Dalam Pemilihan ini peserta akan mendapatkan pengetahuan dari Pemateri dari Satlantas Polrestabes Medan, Jasa Raharja dan Dinas Perhubungan Kota Medan", jelasnya.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan