Wali Kota Medan Buka Dialog Penguatan Pemahaman Bhineka Tunggal Ika

dibaca 328 pembaca

Wali Kota Medan Buka Dialog Penguatan Pemahaman Bhineka Tunggal Ika

Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S.M.Si.,M.H diwakili Kaban Kesbangpol Kota Medan,Sulaiman Harahap,S.H.MSP membuka dialog penguatan pemahaman Bhineka Tunggal Ika, di LJ Hotel, Selasa (6/8).

Dengan mengangkat tema "dengan semangat kebhinekaan kita ciptakan persatuan dan kesatuan bangsa" diharapkan mampu menguatkan pemahaman Kebhinekaan di diri para peserta dialog yang merupakan para pelajar SMA sederajat di Kota Medan.

Dalam sambutan tertulis Wali Kota Medan yang dibacakan Sulaiman mengatakan sejak berdirinya negara kesatuan Republik Indonesia, para pendiri bangsa menyadari bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk yang berdiri diatas berbagai suku bangsa, adat istiadat, budaya, bahasa daerah, dan agama yang berbeda-beda. Karena itu, dengan keberagaman tersebut mengharuskan setiap langkah dan kebijakan negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diarahkan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan.

"Demi menyatukan begitu banyak perbedaan tersebut maka dipakailah semboyan Bhineka Tunggal Ika yang memiliki makna walaupun beragam suku, agama, ras dan bahasa namun tetap satu kesatuan yang sebangsa dan setanah air."kata Sulaiman.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut Sulaiman, Kota Medan yang sering disebut miniaturnya Indonesia tentunya juga memiliki keberagaman. Keberagaman inilah yang menjadi kekayaan bukan sebagai pemecah diantara warganya. Atas dasar itulah Pemko Medan melalui Badan Kesbangpol Kota Medan menilai perlu diadakanya dialog penguatan mengenai bhineka tunggal ika kepada generasi muda kota Medan yang nantinya akan menyebarkan dan mensosialisasikan hasil dialog ini kepada masyarakat luas.

"Melalui dialog ini saya berharap generasi muda kota Medan dapat memahami kebhinekaan tunggal ika sebagai landasan berfikir multikultur dan dapat saling menghargai segala perbedaan yang ada."harap Sulaiman.

Dialog penguatan pemahaman Bhineka Tunggal Ika ini juga menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya dari Badan Kesbangpol Kota Medan, Kodim 0201/BS dan BNN Sumut.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan