Batik Medan dan Tarian Ahoi Meriahkan Festival Pesona Lokal Medan

dibaca 299 pembaca

Batik Medan dan Tarian Ahoi Meriahkan Festival Pesona Lokal Medan

Ribuan orang menghadiri dan menyaksikan berbagai rangkaian acara Festival Pesona Lokal Medan yang digelar di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (3/8). Kemeriahan Festival Pesona Lokal yang dimulai dari pawai karnaval budaya dengan menampilkan berbagai kearifan lokal ini semakin bertambah dengan penampilan Fashion Show Batik Medan.

Penampilan Batik Medan yang ditampilkan dalam Fashion Show ini membuat seluruh pengunjung kagum atas hasil karya Ketua Dekranasda Kota Medan, Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH. Selain itu melalui pagelaran busana ini juga secara langsung kian memperkuat citra Batik Medan di kancah fashion tanah air.

Berbagai motif Batik Medan mulai dari motif Payung Melayu, Tepak Melayu, Becak Medan, Istana Maimun dan Masjid Raya ditampilkan dalam busana yang dikenakan pada model Profesional pria dan wanita bahkan model anak - anak di atas panggung.

Dalam Fashion yang dihadiri Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H, Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, Direktur Sales and Marketing RCTI, Tantan Sumaryana, Ketua Dekranasda Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH, Sekda Kota Medan, Ir l. Wiriya Alrahman, MM dan Sejumlah Pimpinan OPD di lingkungan Kota Medan ini, Wali Kota Medan memberikan bunga kepada Ketua Dekranasda Kota Medan yang juga Istrinya sebagai tanda Apresiasi atas hasil karya Batik Medan.

Ketua Dekranasda Kota Medan, Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH dalam kesempatan tersebut mengungkapkan sangat menyambut baik digelarnya Festival Pesona Lokal Medan yang diisi dengan kegiatan Fashion Show Batik Medan. Tentunya melalui Fashion Show ini akan semakin memperkuat eksistensi Batik Medan yang merupakan busana khas Kota Medan di kancah Nasional.

"Batik Medan merupakan hasil kerajinan binaan Dekranasda Kota Medan dalam hal memajukan UMKM di Kota Medan. Penampilan Batik Medan dalam Fashion Show Festival Pesona Lokal ini tentu sangat baik untuk lebih memperkenalkan dan memperkuat eksistensi Busana Asli Kota Medan ini", Kata Ketua Dekranasda Kota Medan.

Selanjutnya selain Penampilan Fashion Show Batik Medan, Panggung Festival Pesona Lokal Medan ini juga dimeriahkan dengan launching Tarian Ahooi yang diikuti 429 Penari. Launching Tarian Ahooi yang juga dilakukan dalam rangka HUT Kota Medan ke - 429 Tahun ini juga diikuti oleh Wali Kota Medan, Ketua Dekranasda Kota Medan dan Sejumlah tamu undangan yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Medan, mengungkapkan Pemko Medan menyambut baik dan mendukung digelarnya Festival Pesona Lokal Medan ini. Tentunya kegiatan ini dapat mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah khususnya di Kota Medan.

"Kegiatan ini menjadi wadah dalam mempertahankan kebudayaan dan kearifan lokal. Sebab ditengah masuknya budaya asing kita harus tetap mempertahankan kebudayaan lokal sebagai jati diri bangsa", kata Wali Kota Medan.

Sebelumnya Wali Kota Medan bersama Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi melepas peserta Pawai Karnaval Festival Pesona Lokal Medan. Dalam Karnaval ini berbagai busana dan kebudayaan lokal ditampilkan.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan