Wali Kota Medan Harapkan Kedai Kita Permudah Warga Dapatkan Pangan Yang Lebih Terjangkau

dibaca 353 pembaca

Wali Kota Medan Harapkan Kedai Kita Permudah Warga Dapatkan Pangan Yang Lebih Terjangkau

Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S,l.M.Si.,M.H diwakili Asisten Umum Renward Parapat meresmikan Kedai Kita Simalem di Pasar Kampung Lalang, Kamis (01/08). Diharapkan keberadaan Kedai Kita Simalem ini dapat mempermudah warga dalam mendapatkan pangan yang stabil dan lebih terjangkau.

Peresmian Kedai Kita ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Asisten Umum bersama Ketua Satgas Pangan Sumut, Kombes Pol Rony Samtana yang juga merupakan Dirkrimsus Polda Sumut disaksikan Dirut PD Pasar, Rusdi Sinuraya Pimpinan OPD, Kadis Perdagangan, Damikrot, Kadis Ketahanan Pangan Emilia Lubis dan Kasat Pol PP M. Sofyan serta para jajaran Direksi PD Pasar Kota Medan.

Sambutan Wali Kota yang dibacakan Asisten Umum, mengharapka agar kedai kita dapat membeli harga yang terjangkau oleh masyarakat karena pangan merupakan kebutuhan pokok yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Atas dasar itu komoditas pangan memang kerap memberi andil yang cukup besar terhadap inflasi di Kota Medan, berbagai upaya dilakukan untuk mengendalikan inflasi, terutama menjaga harga pangan.

"Kehadiran Kedai Kita Simalem ini diharapkan dapat mempermudah warga dalam mendapatkan pangan yang stabil dan lebih terjangkau. Selain itu dapat mempermudah warga memenuhi kebutuhan dengan lengkapnya berbagai kebutuhan", kata Asisten Umum.

Menurut Asisten Umum, sebagai grosir dan eceran sembako, maka kedai kita ini mengemban tugas dan tanggung jawab yang tidak mudah. Artinya tentu ada pihak yang mencoba berbelanja dan menimbun bahan - bahan kebutuhan pokok, sehingga membuat bahan pokok tersebut langka dan harga juga menjadi mahal.

"Saya meminta agar Pihak Kedai Kita agar amanah dalam menjalankan dan mengelola grosir dan eceran ini. Sehingga keberadaan Kedai kita ini dapat bermanfaat dan dirasakan baik oleh masyarakat kota Medan", jelas Renward

Sementara, Kasatgas Pangan Sumut Kombes Pol Roni Samtama menegaskan,‎ sembako sering jadi mainan terutama dekati hari libur nasional. Karena itu, Kedai Kita diminta membantu masayarakat agar  tidak terjadi permainan harga. Apalagi Kota‎ Medan merupakan barometer inflasi nasional. Maka, kehadiran Kedai Kita dinilai sangat bagus karena berkeinginan menjual harga di dalam harga eceran terendah (HET).

"‎Jaga niat Kedai Kita yang ingin menjual harga dalam HET. Kami mendukung untuk memberikan harga yang terjangkau bagi masyarakat dan dan pedagang tingkat bawah," pesannya.

Direktur Reserse dan Kriminal Khusus‎ (Dir Reskrimsus) Polda Sumut tersebut juga meminta agar segera merealisasikan Kedai Kita di semua pasar di Kota Medan, bahkan di Sumut. "Kalau ada di semua pasar di Medan, tentu bermanfaat bagi pemerintah untuk mengendalikan harga pangan," bilangnya.

Sedangkan Direktur Kedai Kita, Sudarto Sitepu menjelaskan bahwa, usaha ini sudah berbentuk perusahaan terbatas (PT) dengan nama Kedai Kita Simalem. Dia memastikan, kehadiran mereka tidak akan mematikan pasar-pasar yang ada di bawah pengelolaan Perusahaan Dasar (PD) Pasar Kota Medan.‎ Selain itu, didukung unsur terkait juga siap menjaga stabilitas pangan, khususnya sembako. Sebab,‎ Pemko Medan juga butuh perusahaan untuk menjaga keberlangsungan pedagang kecil.

"Melalui kerja sama kita‎ dengan PD Pasar, kami siap memberikan yang terbaik untuk memajukan pedagang kecil di bawah naungan PD Pasar," janjinya.

Di kesempatan sama, Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Rusdi Sinuraya menyambut baik dan mendukung Kedai Kita. "Apalagi jika bisa membantu‎ stabilitas pangan," tutupnya.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan