Wali Kota Medan Buka Diskusi Tematik Tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga Yang Berkesetaraan Gender, dan Berbasis Hak Anak Demi Kesejahteraan dan Keharmonisan Keluarga

dibaca 280 pembaca

Wali Kota Medan Buka Diskusi Tematik Tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga Yang Berkesetaraan Gender, dan Berbasis Hak Anak Demi Kesejahteraan dan Keharmonisan Keluarga

Keluarga sejahtera merupakan fondasi dasar bagi keutuhan kekuatan dan berkelanjutan pembangunan, namun sebaliknya keluarga yang rentan tercerai-berai mendorong lemahnya kemajuan fondasi kehidupan masyarakat bernegara.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan, Khairunisa, SE.MM saat menggelar diskusi tematik dengan tema Pembangunan Ketahanan Keluarga Yang Berkesetaraan Gender, dan Berbasis Hak Anak Demi Kesejahteraan dan Keharmonisan Keluarga, di Kantor Wali Kota Medan, Kamis (1/8).

Diskusi tematik yang menghadirkan pembicara dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya keluarga yang sejahtera.

Dalam diskusi tersebut, Khairunisa mengatakan pembangunan keluarga sejahtera merupakan salah satu sub urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang diatur dalam UU no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Upaya peningkatan ketahanan keluarga juga menjadi penting untuk dilaksanakan dalam rangka mengurangi atau mengatasi berbagai masalah yang menghambat pembangunan nasional. Dengan diketahuinya tingkat ketahanan keluarga tersebut maka dinamika kehidupan dari keluarga sebagai salah satu aspek kesejahteraan keluarga juga dapat diukur.

"Karena itu hari ini kita bersama Kementerian PP dan PA RI melakukan diskusi untuk mengetahui sejauh mana pemerintah telah melaksanakan kewajiban untuk turut serta meningkatkan kualitas sumberdaya manusia baik laki-laki maupun perempuan."kata Khairunisa.

Khairunisa juga berharap agar diskusi ini dapat memberikan masukan untuk mengambil kebijakan yang ada selama ini dan masukan untuk masa yang akan datang sehingga mampu meningkatkan komitmen dan pemahaman guna meningkatkan keluarga sejahtera di Kota Medan.

Dalam diskusi tematik ini juga diisi dengan paparan yang disampaikan oleh Dra. Sri Danti Anwar, MA selaku Staf ahli bidang pembangunan keluarga, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan