Wali Kota Buka Bimtek SP4N-Lapor Pemko Medan

dibaca 371 pembaca

Wali Kota Buka Bimtek SP4N-Lapor Pemko Medan

Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H diwakili Asisten Administrasi Umum Setdako, Renward Parapat, ATD, M.T. membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-Lapor Versi 3.0 pada Organisasi Perangkat Daerah Pemko Medan, Kamis (27/6) di Ruang Rapat III, kantor wali kota.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Renward Parapat, Wali Kota menilai kegiatan yang digelar Dinas Kominfo Medan ini merupakan langkah positif bagi penyelenggara dalam mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, serta terkoordinasi dengan baik.

Pada kegiatan yang dihadiri Sekretaris Dinas Kominfo Medan, Mansursyah, S.Sos.,M.AP, Kabid Komunikasi Publik Dinas Kominfo Medan, Syaipul Amri, S.Sos dan diikuti seluruh perwakilan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan serta utusan dari Pemko Tanjungbalai itu, Wali Kota mengungkapkan, di era yang serba canggih dan didominasi ilmu pengetahuan dan teknologi ini, pelayanan sistem informasi pelayanan publik bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk diakses. Teknologi informasi membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan mencegah kemungkinan terjadinya penyimpangan di lingkungan kerja masing-masing.

Wali Kota melanjutkan, Pemko Medan sudah memanfaatkan teknologi informasi, terutama dalam melayani setiap pengaduan masyarakat. Saat ini, sebutnya, Pemko telah memiliki sistem pengaduan masyarakat yang terintegrasi dengan sistem Lapor, yakni Medan Rumah Kita yang telah dibangun sejak Desember 2016. Diharapkan aplikasi ini berfungsi sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat sehingga warga dapat secara leluasa menyampaikan setiap permasalahan di lingkungannya.

Dihadapan narasumber Bimtek, Muhammaad Rizal dari Bandung Trust dan Edy Ihsan dari Ombudsman Sumut, Wali Kota mengatakan, untuk mewujudkan penguatan SP4N-Lapor yang lebih baik, dibutuhkan bimtek bagi admin, pengelola pengaduan, dan pejabat penghubung. Hal ini diharapkan dapat lebih memantapkan pengetahuan, khususnya para peserta, tentang petunjuk teknis dan tata kerja sistem SP4N-Lapor sehingga persamaan persepsi dalam implementasinya dapat disatukan.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana, Hendra Syaputra, SE yang merupakan Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Dinas Kominfo Medan, melaporkan, kegatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan petugas admin dan pejabat penghubung dalam mengelola maupun merespon pengaduan yang diterima. Sedangkan peserta dalam Bimtek ini adalah pejabat penghubung SP4N-Lapor di OPD lingkungan Pemko Medan.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan