Tim Verifikasi Lomba PAAR Nasional Kunjungi Kota Medan

dibaca 628 pembaca

Tim Verifikasi Lomba PAAR Nasional Kunjungi Kota Medan

Tim Verifikasi lapangan dari Pusat melakukan penilaian lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Cinta Kasih Tingkat Nasional pada Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Senin (17/6). Verifikasi lapangan ini dilakukan karena Kelurahan Sei Agul menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Utara dan masuk Nominasi tingkat Nasional lomba PAAR Cinta Kasih.

Rombongan Tim Verifikasi lapangan yang diketuai, Dra. Hj. Hernawati disambut oleh Wali Kota Medan, Drs. H. T Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH dihadiri Wakil Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar di Gedung Dharma Wanita Kota Medan, Jalan Sei Rotan. Hadir Wakil Ketua TP PKK Sumut, Sri Ayu Mihari Musa Rajechsah, Sejumlah Pimpinan OPD, Camat Medan Barat, Ketua Karang Taruna Kota Medan dan segenap pengurus TP PKK Kota Medan.

Dalam sambutanya Wakil Wali Kota Medan mengatakan selamat datang kepada Tim Verifikasi lapangan dari Pusat ke Kota Medan dalam Penilaian Lomba PAAR Cinta Kasih pada Kelurahan Sei Agul yang merupakan perwakilan Provinsi Sumatera Utara ditingkat Nasional. Tentunya Verifikasi lapangan ini dapat membawa Kelurahan Sei Agul menjadi juara I Tingkat Nasional.

Menurut Wakil Wali Kota, Pemko Medan bersama unsur masyarakat dan TP PKK Kota Medan serta para kader telah banyak melakukan upaya-upaya terhadap pengembangan kehidupan keluarga menuju terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih sejahtera salah satunya melalui pembinaan Pola Asuh Anak dan Remaja pada tingkat Kecamatan sampai ke lingkungan.

"Di Era yang serba berbasis teknologi dan informasi pada generasi muda khususnya anak dan remaja harus dibekali dengan pendidikan Budi pekerti dan landasan Agama yang kuat sehingga tidak terjerumus pada hal yang negatif. Seperti yang dilakukan Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat yang banyak memberikan contoh baik terhadap pelaksanaan Pola Asuh Anak dan Remaja yang dilakukan melalui simulasi dan sosialisasi", kata Wakil Wali Kota.

Sebelumnya Wakil Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar dalam sambutannya mengatakan TP PKK Kota Medan berperan serta menyampaikan kepada keluarga akan pentingnya mengawasi perkembangan anak melalui pendekatan Pola Asuh Anak dan Remaja tentunya melalui simulasi maupun Sosialisasi di berbagai kesempatan dan pertemuan.

"Kelurahan Sei Agul adalah kelurahan binaan yang telah ditetapkan, dibina dan dilatih dengan memberikan inspirasi dan motivasi kepada seluruh keluarga agar secara mandiri memiliki pemahaman dan pengetahuan khususnya dalam memberikan Pola Asuh terhadap anak dan Remaja demi terciptanya generasi muda yang berkualitas, sehat tangguh dan berkepribadian", kata Wakil Ketua TP PKK Kota Medan.

Menurut Wakil Ketua TP PKK Kota Medan, Kelurahan Sei Agul menjadi salah satu kelurahan percontohan ditingkat Provinsi Sumatera Utara dan saat ini berkesempatan masuk nominasi Tingkat Nasional. Oleh sebab itu, Nurul Khairani Akhyar berharap dengan kunjungan Tim Verifikasi lapangan dari Pusat ini Kelurahan Sei Agul dapat menjadi Juara I Tingkat Nasional Lomba PAAR mewakili Provinsi Sumatera Utara.

Sementara itu, Kerusakan Tim Verifikasi lapangan dari Pusat Lomba PAAR Cinta Kasih, Dra. Hj. Hernawati menjelaskan bahwa TP PKK Kota Medan masuk ke dalam salah satu dari 6 nominator penerima penghargaan PAAR tingkat nasional mewakili Provinsi Sumatera Utara.

“Hari ini tim verifikasi PAAR Tingkat Nasional Tahun 2019 datang dalam rangka verifikasi lapangan. Sebelumnya Selamat kepada PKK Kota Medan yang masuk sebagai salah satu dari 6 nominator peraih penghargaan PAAR,” jelas Hernawati.

Kepada Tim Penggerak PKK Kota Medan yang berhasil masuk 6 besar Hernawati juga berpesan untuk terus menjaga prestasi yang telah diraih, karena sangat mungkin jika nantinya Kota Medan meraih juara, maka akan menjadi destinasi bagi PKK daerah lain yang ingin belajar atau studi banding”, lanjut Hernawati.

Dalam lomba ini, nantinya akan ada 7 aspek yang menjadi penilaian yaitu Pedoman, penghayatan dan pengamalan Pancasila(P4), Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), NAPZA, kejahatan seksual terhadap anak, perdagangan manusia (trafficking), Administrasi kependudukan, dan bela negara.

Lebih lanjut Hermina menjelaskan Lomba PAAR disini sangat positif yaitu menunjukkan peranan PKK yang penting bagi pemberdayaan keluarga dan masyarakat bagi masyarakat dan pemerintah. “Lomba ini memiliki potensi dan nilai strategis yang mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat luas, termasuk para pelaku pembangunan, para pemimpin di semua tingkatan bahwa PKK merupakan kunci bagi pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya.

Dalam pertemuan ini juga diisi dengan penampilan Simulasi aspek Pola Asuh Anak dan Remaja yang dibawakan oleh TP PKK Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat.

Selanjutnya Tim Verifikasi Pusat melakukan peninjauan dan penilaian ke Kelurahan Sei Agul. Kemudian sebagai bentuk Apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada Tim Verifikasi lapangan dari Pusat Pemko Medan menjamu makan siang di Cafe Ahoi jalan Wahid Hasyim.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan