Perayaan Hari Kartini Kota Medan Dimeriahkan Lomba Menyanyi dan Lomba Berbalas Pantun

dibaca 72 pembaca

Perayaan Hari Kartini Kota Medan Dimeriahkan Lomba Menyanyi dan Lomba Berbalas Pantun

Perayaan Hari Kartini yang digelar Pemerintah Kota Medan di Gedung Dharmawanita Medan, Jalan Sri Rotan, Selasa (30/4) berlangsung meriah. Berbagai perlombaan digelar guna memeriahkan Perayaan Hari Kartini, diantaranya Lomba Menyanyi Lagu Ahoi, Lomba Berbalas Pantun dan Lomba Menari Ahoi.

Kemeriahan Perayaan Hari Kartini ini semakin terasa saat hadirnya Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH. Dengan mengenakan Busana Kebaya berwarna putih dengan perpaduan Batik Medan Istri Wali Kota Medan ini tampil anggun bersama ibu - ibu para kader TP PKK Kota Medan lainnya yang juga mengenakan busana kebaya bernuansa putih.

Dalam Perayaan Hari Kartini tahun 2019 ini, Hadir Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H diwakili Sekda Kota Medan, Ir. Wiriya Al Rahman, MM, Asisten Pemerintahan dan Sosial, Drs. Musaddad, Kadis PA3APM, Khairunnisa Mozasa dan Kadis Kesehatan, Dr. Edwin serta Pimpinan OPD lainnya.

Dikatakan Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH, perjuangan R.A Kartini telah membawa dampak yang sangat luar biasa. Artinya saat ini melihat kaum wanita berada diposisi kepemimpinan bukan hal yang tabu lagi. Akan tetapi hendaknya wanita tidak melupakan kodratnya sebagai seorang istri dan seorang ibu.

"Perayaan Hari Kartini diharapkan tidak sekedar mengenakan Busana nasional dan kegiatan seremonial, akan tetapi lebih kepada sesuatu yang bersifat perjuangan yang akan berguna bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain. Artinya sebagai wanita kita harus menjadi wanita yang cerdas, berprestasi dan berdedikasi, sesuai tema perayaan Hari Kartini hari ini yakni Perkuat Advokasi dan Aksi Nyata untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Formal Perempuan", kata Ketua TP PKK Kota Medan.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Medan dalam sambutan yang dibacakan Sekda Kota Medan, mengatakan melalui perayaan Hari Kartini ini dapat dijadikan motivasi untuk melakukan gerakan – gerakan pembaharuan dalam mendukung program – program pembangunan Kota Medan, khususnya dalam upaya mensejahterakan dan memberdayakan masyarakat.

Menurut Sekda, Berbicara tentang emansipasi wanita, tidak terlepas dari sosok nama Raden Ajeng Kartini yang memperjuangkan persamaan dan kesetaraan gender wanita pada masa kolonial Belanda. Artinya, beliau banyak memberikan ide - ide serta inspirasi bagi kita semua, khususnya kaum wanita.

“Ibu -ibu TP PKK Kota Medan merupakan Kartini masa kini, sebab peran mereka sangat besar dalam mensejahterakan dan memberdayakan masyarakat selama ini. Artinya seiring perkembangan zaman, saat ini wanita semakin berkembang dan banyak berpartisipasi di berbagai bidang kehidupan, baik bidang sosial, ekonomi maupun politik", kata Sekda.

Untuk itu atas nama Pemko Medan, Sekda Medan mengucapkan selamat Hari Kartini bagi kaum wanita di Kota Medan. “Melalui perayaan Hari Kartini ini, mari kita hayati dan implementasikan apa yang telah diperjuangkan para pahlawan ini dalam kegiatan sehari-hari,” Ungkap Sekda.

Selanjutnya Perayaan Hari Kartini tahun 2019 tingkat Kota Medan diisi dengan penampilan 3 Besar dari masing - masing lomba. Kemudian diumumkan juara dari masing -masing lomba, yakni lomba Berbalas Pantun, Juara 1 Kecamatan Medan Deli, juara 2 diraih Kecamatan Medan barat dan juara 3 diraih oleh Kecamatan Medan Tembung.

Untuk lomba Menyanyi Lagu Ahoi, Kecamatan Medan Marelan meraih Juara 1 , Kecamatan Medan Selayang meraih juara 2 dan juara 3 diraih Kecamatan Medan Deli. Sedangkan untuk lomba Tarian Ahoi, Juara 1 diraih Kecamatan Medan Barat, Juara 2 diraih Kecamatan Medan Sunggal dan Juara 3 diraih Kecamatan Medan Tembung.

Kepada masing-masing Juara perlombaan, Sekda Kota Medan dan Ketua TP PKK Kota Medan menyerahkan Piala dan Hadiah. Diharapkan kepada para juara ini dapat memotivasi ibu - ibu lainnya untuk terus berkarya dan berprestasi.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan