Wali Kota Medan Tinjau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Sikambing dan Supermarket Berastagi

dibaca 290 pembaca

Wali Kota Medan Tinjau Harga Kebutuhan Pokok  di Pasar Sikambing dan Supermarket Berastagi

Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M. H, Senin (29/4) siang meninjau Pasar Tradisional Sikambing dan Berastagi Supermarket. Peninjauan ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung harga-harga kebutuhan pokok menjelang tibanya bulan Ramadan beberapa hari lagi.

Didampingi Dandim 0201 BS, Kolonel Yuda Rismansyah, Kadis Perdagangan Damikrot Harahap dan Dirut PD Pasar, Rusdi Sinuraya dan para camat, Wali Kota Medan memulai kunjungan di Pasar Sikambing. Rombongan Wali Kota tiba dengan di Pasar yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto itu.

Di pasar ini Wali Kota berdialog dengan para pedagang mengenai harga dan stok barang. Dari dialog Wali Kota dengan Udin, pemilik kedai Udin MS, diketahui terjadi kenaikan harga gula pasir. Jika sebelumnya berkisar Rp11.000 sampai Rp12.000, hari ini naik menjadi Rp12.500. Kenaikan ini, menurut Udin, akibat terjadinya kekosongan barang di gudang.

Selanjutnya, Wali Kota berdialog dengan para pedagang daging. Dari dialog ini diketahui, harga masih stabil. Untuk daging lembu Rp110.000/kg dan daging kambing Rp85.000/kg. Diperkirakan harga akan naik saat punggahan atau H-1 Ramadan. Menurut pedagang kenaikan daging bisa sebesar Rp10.000.

Dari stand daging, Wali Kota pun menuju ke pedangan cabe dan bawang. Di stand ini, diketahui terjadi kenaikan harga cabe merah, dari Rp32.000 semalam lalu hari ini naik menjadi kisaran Rp38.000 – Rp40.000. Sedangkan bawang merah dan bawang putih terjadi penurunan harga pada hari ini. Bawang merah semalam Rp36.000 pada hari ini turun menjadi Rp32.000, sedangkan bawang putih dari Rp48.000 menjadi Rp42.000.

Setelah Pasar Sikambing, Wali Kota pun melanjutkan peninjaukan ke Berastagi Supermaket. Di pusat perbelanjaan modern yang juga berlokasi di Jalan Gatot Subroto ini, Wali Kota mendatangi berbagai gerai, diantara gerai penjualan cabe merah, gula, juga daging.

Terdapat perbedaan harga produk antara di Pasar Sikambing dan Berastagi ini. Perbedaan harga ini akibat kemasan. Di Supermarket Berastagi harga daging per kilo Rp139.000. Sedangkan cabe merah Rp44.000.

Wali Kota Medan menilai, umumnya harga masih stabil. Jika pun ada kenaikan pada cabe merah akibat cuaca. Wali Kota mengatakan, pemerintah tetap akan menjaga kekondusifan harga agar masyarakat tenang dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

“Untuk menekan gejolak harga menjelang Ramadhan dan Lebaran, Pemko Medan juga telah mempersiapkan pasar murah di 151 kelurahan yang ada di Medan,” ungkap Wali Kota.

Wali Kota juga mengimbau agar para distributor tidak menimbun barang. Apalagi memang stok kebutuhan pokok di Medan aman. Peninjauan ini menarik perhatian warga dan pedagang yang kebetulan sedang berada di Pasar Sikambing maupun Berastagi Supermarket. Tidak sedikit warga dan pedagang memanfaatkan momen itu bersalaman dan berfoto dengan Wali Kota.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan