Wali Kota Medan Buka Sosialisasi Peraturan Kepegawaian di Lingkungan Pemko Medan

dibaca 278 pembaca

Wali Kota Medan Buka Sosialisasi Peraturan Kepegawaian di Lingkungan Pemko Medan

Peraturan Pemerintah No 53 Tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) sangat diperlukan, sebab salah satu yang menjadi kunci suksesnya pekerjaan ialah disiplin dalam bekerja.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H diwakili Asisten Administrasi Umum, Renward Parapat, ATD.MT saat membuka secara resmi sosialisasi peraturan kepegawaian dilingkungan Pemko Medan, di Hotel Saka Premiere, Senin (29/4).

"Boleh jadi Kita masih ada yang belum pernah membaca PP 53 ini apalagi mengimplementasikannya, yang tak kalah pentingnya adalah penerapanya dilingkungan kerja kita masing-masing, mungkin ada pegawai yang sudah seharusnya diberi hukuman disipilin, namun karena tidak memahami isi PP 53 tersebut sehingga dilakukan pembiaran."kata Renward.

Disamping itu, Renward juga memaparkan ada beberapa aspek yang sering memicu terjadinya penurunan kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil, diantarannya adalah terjadi disharmoni baik antara pimpinan dengan bawahan maupun antara pegawai dengan pegawai lainnya. Tidak hanya itu saja, sering pula terjadi pembagian tugas yang tidak jelas bahkan tidak merata. Dalam konteks inilah peranan pemimpin harus mampu menempatkan diri secara adil dan proposional.

Selain itu pula, lanjut Renward lagi, disiplin pegawai merupakan kesanggupan untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan maupun peraturan kedinasan, saksi disiplin diberikan bila PNS terbukti tidak melaksanakan kewajibannya ataupun melanggar larangan.

"Untuk itulah Kami akan selalu memantau kegiatan pegawai sehingga bila ditemukan adanya pelanggaran akan diberikan teguran lisan maupun tertulis, namun apabila tidak bisa merubah perilaku pegawai maka diambil dilakukan langkah-langkah yang lebih berat."ujar Renward.

Sosialisasi ini sendiri diikuti sebanyak 60 orang PNS dari masing-masing intansi. Sedangkan materi yang akan disampaikan meliputi kebijakan manajemen PNS, Peraturan Disiplin PNS, penanganan kasus disiplin PNS, penilaian prestasi kerja PNS dan simulasi E-Kinerja.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan