Wakil Wali Kota Medan Ajak Mahasiswa UISU Menyiapkan Diri Menghadapi Tantangan Teknologi Industri 4.0

dibaca 123 pembaca

Wakil Wali Kota Medan Ajak Mahasiswa UISU Menyiapkan Diri Menghadapi Tantangan Teknologi Industri 4.0

Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.M.H dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si mengajak mahasiswa UISU untuk menyiapkan diri menghadapi tantangan era teknologi industri 4.0.

Ajakan ini disampaikan Wakil Wali Kota saat menjadi keynote speaker dalam seminar nasional yang diselenggarakan Kampus UISU dengan tema teknologi berkelanjutam berbasis industri 4.0, di Kampus UISU, Jumat (26/4).

Dihadapan para mahasiswa yang hadir Wakil Wali Kota Medan menyebutkan bahwa perkembangan teknologi industri 4.0 memiliki banyak manfaat dalam memudahkan pekerjaan. Semisalnya Wakil Wali Kota mencontohkan palang pintu jalan tol yang dahulunya beroperasi dengan sistem manual sekarang diubah menjadi sistem otomatis. Namun diisi lain, menurut Wakil Wali Kota industri ini juga memiliki resiko yaitu bergantinya tenaga manusia ke tenaga mesin.

"Tidak bisa kita pungkirin di era tekonlogi sekarang banyak terjadi pergeseran yang dulunya suatu pekerjaan dapat dilakukan oleh manusia sekarang diganti dengan menggunakan mesin."kata Wakil Wali Kota.

Untuk itulah Wakil Wali Kota mengajak seluruh mahasiswa UISU untuk mempersiapkan diri menghadapi teknologi berbasis industri 4.0 ini. Sebab kedepannya lowongan pekerjaan akan semakin sedikit namun akan terbuka besar bagi orang-orang yang kreatif.

"anak-anakku sekalian setelah tamat kuliah kalian jangan bermimpi banyak melamar pekerjaan karena lowongan pekerjaan itu akan semakin semakin sempit, namun akan sangat terbuka bagi orang-orang yang penuh dengan kreatifitas, inilah yang harus kalian manfaatkan, saya tidak ingin kalian hanya sebagai penonton saja tetapi juga harus menjadi pelaku dalam industri 4.0 ini."jelas Wakil Wali Kota.

Sementara itu, lanjut Wakil Wali Kota Medan lagi, Pemko Medan sendiri telah memanfaatkan sistem teknologi untuk memudahkan pelayanan masyarakat seperti pembangunan Command Center, ATCS Kota Medan, dan pelayanan perijinan berbasiskan online.

"Dengan teknologi tersebut kami dapat memantau Kota Medan dengan mudah, bahkan untuk urusan perizinan masyarakat juga tidak perlu lagi datang ke kantornya cukup dilakukan dengan cara online, sehingga tidak perlu lagi melakukan face to face."sebut Wakil Wali Kota.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan