Wakil Wali Kota Medan Pimpin Pembersihan Sungai Babura

dibaca 125 pembaca

Wakil Wali Kota Medan Pimpin Pembersihan Sungai Babura

Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S.M.Si.,M.H dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si memimpin langsung pembersihan sungai babura, Rabu (24/4). Pembersihan sungai babura yang dipusatkan di Kampung Mandailing Kel. Darat, Kec. Medan Baru ini bertujuan untuk membersihkan sungai babura dari tumpukan sampah yang mengakibatkan pendangkalan sungai sehingga kerap menimbulkan banjir. Pembersihan sungai ini dilakukan dengan cara manual dengan melibatkan puluhan petugas, bahkan guna memudahkan proses pembersihan dua unit ekskavator milik Dinas PU Kota Medan juga turut diturunkan. Sebelum melakukan pembersihan, terlebih dahulu para petugas mengikuti apel yang dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Medan. Dalam apel tersebut, Wakil Wali Kota mengatakan pembersihan ini dilakukan untuk mengurangi terjadinya luapan sungai babura. Sebab selama ini sungai babura mengalami pendangkalan bahkan terdapat banyak tumpukan sampah sehingga bila tidak dibersihkan dikhawatirkan terjadi backwater.

"Kalau tidak kita bersihkan dikhawatirkan terjadi backwater, artinya air dari drainase yang seharusnya mengalir ke sungai tidak dapat mengalir sempurna sehingga terjadi luapan yang dapat menggenangi jalan dan juga rumah warga, selain itu pembersihan ini juga dalam rangka dilakukanya normalisasi terhadap sungai babura."kata Wali Kota. Untuk itulah dengan dilakukannya pembersihan sungai ini, Wakil Wali Kota berharap seluruh drainase yang selama ini dibangun oleh Pemko Medan dapat berfungsi maksimal mengalirkan air ke sungai.

"Kita harapkan nantinya air yang mengalir dari drainase mengalir lancar ke sungai."harap Wakil Wali Kota. Untuk saat ini, selain sungai babura pembersihan juga akan dilakukan di sungai bedera. Selain petugas dari Pemko Medan, pembersihan ini juga melibatkan petugas dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Provinsi Sumut, TNI dan Polri.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan