Wali Kota Medan Buka Lomba Minat Baca & Pameran Buku dan IT

dibaca 187 pembaca

Wali Kota Medan Buka Lomba Minat Baca & Pameran Buku dan IT

Guna meningkatkan minat baca masyarakat Pemko Medan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan menggelar lomba minat baca & pameran buku dan IT. Acara yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya ini dibuka oleh Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial, Drs. Musaddad, M.Si di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Rabu (24/4).

Dalam sambutan Wali Kota yang dibaca Aspem mengatakan upaya untuk meningkatkan kecerdasan bangsa tidak harus selalu melalui jalur pendidikan saja, akan tetapi dapat juga melalui jalur pendidikan non formal. Oleh karena itu, diperlukan adanya sarana komunikasi informasi ilmu pengetahuan untuk disampaikan kepada masyarakat yaitu perpustakaan.

Perpustakaan juga merupakan pusat terkumpulnya berbagai informasi dan ilmu pengetahuan baik yang berupa buku yang diorganisasikan untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pemakai perpustakaan, sehingga memudahkan dalam menentukan informasi yang dibutuhkannya.

"Kita tahu buku dengan segala kelebihannya belum bisa tergantikan oleh teknologi, sebab buku bisa dibaca dimana saja, oleh siapa saja dan bagaimana pun keadaannya sehingga tidak jarang buku dianggap dapat membuka pintu otak dan memandunya kearah kepandaian dan kebijaksanaan."kata Aspem.

Lebih lanjut, pameran buku yang dirangkaikan dengan lomba minat baca ini, menurut pandangan Wali Kota memiliki peranan yang cukup penting dalam memacu perkembangan wawasan masyarakat, terlebih terhadap dunia teknologi informasi. Karena itulah Aspem menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan yang telah menyelenggarakan pameran buku dan lomba minat baca ini.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menunjang minat baca masyarakat serta menjadi wadah bagi pemerintah daerah dalam memperkuat dan meningkatkan pendidikan non formal melalui informasi yang ada didalam buku."harap Aspem.

Usai membuka acara ini secara resmi, Aspem bersama Kadis Perpustakaan dan Kearsipan serta para tamu undangan lainnya meninjau masing-masing stand pameran buku dan IT.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Drs. Darussalam Pohan, M.AP dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini berlangsung mulai dari 24-27 April 2019.

Selama pelaksanaanya, lanjut Darussalam, akan diisi dengan berbagai lomba diantaranya lomba mewarnai tingkat PAUD dan TK, lomba bercerita rakyat tingkat SD sederajat, lomba pidato bahasa Inggris tingkat SMP sederajat, lomba menulis essay tingkat SMA sederajat dan, lomba presenter bahasa inggris untuk umum

"Selama pelaksanaannya akan diisi dengan berbagai lomba yang diikuti oleh pelajar dan umum dengan jumlah peserta sebanyak 251 orang."jelas Darussalam.

Selain itu, lanjut Darussalam lagi, kegiatan ini dirangkaikan pula dengan pameran buku dan IT yang diikuti oleh berbagai penerbit buku dan toko buku yg ada di Kota Medan.

"Kita juga melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan untuk melakukan sosialisasi mengenai Kartu Identitas Anak (KIA)."lanjutnya.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan